Kelas karyawan pancabudi  
Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom Kesiapan pengamanan aksi damai 2 Desember di Monas, Kamis (1/12/2016)
Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom Kesiapan pengamanan aksi damai 2 Desember di Monas, Kamis (1/12/2016)


RAKYATMEDAN.COM | Jakarta

Hingga malam ini sejumlah pekerja masih mempersiapkan set panggung untuk mimbar aksi damai 2 Desember di Monas, Jakarta Pusat. Personel keamanan gabungan juga sudah mulai berdatangan di Monas.

Pantauan, hingga pukul 19.40 WIB, Kamis (1/12/2016) pekerja tengah menyusun rangka panggung. Tampak pula disiapkan proyektor untuk layar besar dekat panggung mimbar. Tenda VVIP di pintu barat yang berdekatan dengan Istana sudah siap digunakan.

Terlihat pula sejumlah orang juga mulai mengatur posisi saf atau barisan jemaah nantinya. Aksi 2 Desember memang akan diisi dengan zikir, tausiah dan diakhiri salat Jumat.

Sementara itu, sejumlah truk polisi sudah masuk ke Monas. Ada truk angkut personel, ada juga mobil yang mengangkut kawat berduri. Kendaraan taktis seperti barracuda dan water canon juga siaga di Monas sebagai bentuk kesiagaan polisi mengamankan jalannya aksi damai.

Polisi, TNI, dan pihak terkait ikut membantu mempersiapkan kebutuhan fasilitas pendukung aksi damai 2 Desember. Beberapa fasilitas pendukung di antaranya tempat wudu yang terbagi di tiap sisi Monas. Selain itu juga terdapat toilet, posko kesehatan, mobil air minum, ambulans, dan mimbar untuk salat Jumat.

Kadiv Humas Irjen (Pol) Boy Rafli Amar sebelumnya menegaskan adanya kesepakatan antara kepolisian dengan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, penggagas aksi damai 2 Desember. Dalam kesepakatan, para ulama akan mengajak peserta aksi damai untuk segera pulang setelah salat Jumat.

“Rundown acara dari pukul 08.0 WIB sampai pukul 13.00 WIB. Setelah pukul 13.00 WIB, setelah salat Jumat maka para ulama yang hadir maka mengajak para peserta yang hadir untuk pulang dengan tertib. Ini adalah kesepakatan,” tegas Boy Rafli kepada wartawan, Kamis (1/12).

Kepolisian yakin aksi yang diisi tausiah, zikir dan salat Jumat akan berlangsung tertib dan damai. Boy menyebut aksi damai tidak akan diisi orasi yang berbeda dengan tujuan kegiatan sebagaimana kesepakatan bersama. (rm/dtk)

portal berita medan
informatif & terpercaya