Massa menggunakan 22 bus diberangkatkan Forum Umat Islam (FUI) Banyumas Raya ke Jakarta, Kamis (1/12) kemarin. Foto: Dimas Prabowo/Radar Banyumas/JPNN
Massa menggunakan 22 bus diberangkatkan Forum Umat Islam (FUI) Banyumas Raya ke Jakarta, Kamis (1/12) kemarin. Foto: Dimas Prabowo/Radar Banyumas/JPNN

RAKYATMEDAN.COM | PURWOKERTO

Forum Umat Islam (FUI) Banyumas, Jateng, menggunakan 22 bus untuk memberangkatkan massa yang akan ikut aksi 2 Desember di kawasan Monas, Jakarta.

Total umat Islam yang berangkat mencapai 1.120 orang yang diangkut 17 bus dari Banyumas, dua bus dari Purbalingga, dan tiga lainnya dari Cilacap.

Koordinator aksi FUI Banyumas Raya di Jakarta, Miko Abdurrahman mengatakan massa yang berangkat akan langsung menuju Monas.

Pasalnya, kondisi jalan dan lalu lintas tidak dapat diprediksi, sehingga tujuan utama memang langsung ke Monas.

"Kita akan upayakan secepat mungkin sampai Jakarta. Targetnya jam 4 pagi sudah sampai, sehingga bisa melaksanakan solat Subuh di Monas sekalian," jelasnya sebelum pemberangkatan massa di Alun-alun Purwokerto (1/12) kemarin.

Dijelaskan, rombongan yang berangkat dari Banyumas Raya semuanya diangkut oleh bus, dan tidak ada yang menggunakan kendaraan pribadi. Tujuannya untuk mempermudah koordinasi.

"Kita tidak tahu akan bertahan di Jakarta berapa lama. Karena menunggu instruksi juga dari teman-teman di Jakarta," tegasnya.

Dalam pemberangkatan kemarin, pihak kepolisian juga sempat meminta massa dari Banyumas agar tetap menjaga ketertiban, sekaligus menjaga nama baik umat Islam di Banyumas.

"Secara umum tuntutannya masih sama, yaitu menuntut penegakkan hukum bagi pelaku penista agama, Ahok. Ini juga jadi pertunjukan kalau kekuatan muslim di Indonesia memang besar," pungkasnya.

Koordinator lain, Fuad Sirojuddin Yahya menegaskan massa pada aksi 212 ini jumlahnya dua kali lipat dibandingkan aksi sebelumnya.

Sedangkan untuk aksi di Banyumas, menurutnya tetap akan digelar yang dipusatkan di Alun-alun Purwokerto, melalui kegiatan long march dan doa bersama.

"Sekitar empat ribu massa akan berpartisipasi dalam aksi besok (hari ini, red) di Alun-alun. Kita akan mulai sekitar siang hari setelah solat Jumat," ujarnya.

Pihaknya juga menyiapkan beberapa tenda peneduh di tengah alun-alun. Hal itu untuk mengantisipasi cuaca buruk. (rm/jp)

portal berita medan
informatif
& terpercaya