Tampilan Doodle Hari ini.
Tampilan Doodle Hari ini.


Jakarta | rakyatmedan.com
Hari ini 22 Desember, Indonesia merayakan Hari Ibu, yang merupakan perayaan atau peringatan akan peran ibu dalam keluarga.

Salah satu cara untuk merayakan hari ini adalah dengan memberikan hari libur pada ibu dan mengerjakan tugas-tugas yang biasa dikerjakan oleh ibu, seperti memasak, mengurus rumah dan merawat anak.

Sementara Google merayakan Hari Ibu dengan membuat sebuah Doodle berupa 2 pasang sepatu dan sendal. Sepasang sepatu berwarna kebiruan yang lebih besar untuk sang ibu dengan sendal yang lebih kecil untuk sang anak.

Doodle dari Google untuk merayakan Hari Ibu ini hanya tampil di Indonesia, karena di negara-negara lain, Hari Ibu dirayakan bukan pada tanggal 22 Desember.

Di Amerika Serikat dan puluhan negara lain seperti Kanada, Belanda, Malaysia, Singapura dan Taiwan, Hari Ibu dirayakan pada hari Minggu pekan kedua bulan Mei. Sementara di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, tanggal 8 Maret dijadikan sebagai Hari Perempuan Internasional.

Tanggal 22 Desember diresmikan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno dengan Dekret Presiden No. 316 tahun 1953 pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia. Tujuannya adalah untuk merayakan semangat para wanita di Indonesia dan juga meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Sementara saat ini, Hari Ibu lebih dianggap sebagai waktu untuk menunjukkan apresiasi dan rasa sayang pada kaum ibu. Selain membebastugaskan ibu, ada beberapa kompetisi dan acara yang diadakan untuk menyambut Hari Ibu ni seperti lomba memasak dan memakai kebaya.

Google bukanlah satu-satunya perusahaan yang merayakan Hari Ibu. Twitter juga membuat emoji khusus untuk Hari Ibu. (rm/mtc)

portal berita medan
informatif
& terpercaya