Swiss Taklukkan Albania 1-0

1283
Swiss Taklukkan Albania 1-0
Swiss Taklukkan Albania 1-0

Swiss Taklukkan Albania 1-0
rakyatmedan.com
Swiss sukses membuka langkah mereka di Piala Eropa 2016 dengan kemenangan tipis 1-0 atas Albania di Stade Bollaert-Delelis lewat gol tunggal Fabian Schar di menit kelima.
Kemenangan Swiss atas Albania ini membuat mereka kini mengoleksi tiga poin, sama halnya dengan tuan rumah Perancis yang menang 2-1 atas Rumania di partai pertama, Jumat (10/6).
Gol pertama Swiss lahir saat pertandingan baru berjalan lima menit. Sepak pojok Xherdan Shaqiri sukses disambut sundulan kepala Fabian Schar yang mengantar bola masuk ke gawang.
Gol perdana Swiss ini tak lepas dari blunder yang dilakukan oleh Etrit Berisha. Keputusan Berisha keluar dari gawang untuk memotong umpan Shaqiri menjadi sebuah kesalahan fatal karena ia gagal menjangkau bola.
Hal itu pun memudahkan Schar menceploskan bola ke dalam gawang karena Berisha sudah tak ada di posisinya.
Peluang Albania untuk bisa mencetak gol penyama kedudukan semakin berat karena sang kapten, Lorik Cana terkena kartu kuning kedua di menit ke-37.
Keunggulan jumlah pemain ini membuat Swiss semakin dominan sepanjang laga berjalan di babak kedua. Shaqiri dan kawan-kawan mendominasi penguasaan bola dan begitu lihai memanfaatkan keunggulan jumlah pemain.
Tetapi sejumlah peluang emas Swiss sukses digagalkan oleh Berisha yang tampil apik di babak kedua. Salah satu penyelamatan penting Berisha ada di menit ke-67 saat ia mampu melakukan blok terhadap tendangan Haris Seferovic lewat kaki kanannya. Namun Albania pun bukan berarti tak memiliki peluang sama sekali meski mereka kalah dalam hal penguasaan bola.
Striker Albania, Armando Sadiku dua kali mengancam gawang Swiss. Di menit ke-51 tendangannya diselamatkan oleh Yann Sommer sedangkan di menit ke-77 tembakannya dari jarak dekat masih melebar dan hanya mengenai sisi luar jaring gawang Swiss.
Dua menit menjelang waktu normal selesai, Albania mendapatkan kesempatan besar untuk menyamakan kedudukan.
Pemain pengganti, Shkelzen Gashi lepas dari perangkap offside barisan belakang Swiss. Gashi mendapat kesempatan duel satu lawan satu dengan Sommer namun tembakannya berhasil dimentahkan Sommer. (cnn)