Walikota Medan foto bersama dengan pengurus USAID.
Walikota Medan foto bersama dengan pengurus USAID.

Medan | rakyatmedan.com
Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi mengapresiasi bantuan United States Agency International Development (USAID) melalui program Indonesia Urban Water, Sanitation, and Higiene-Penyehatan Lingkungan Untuk Semua atau yang lebih dikenal dengan IUWASH PLUS.

Hal tersebut diutarakan Walikota Medan ketika menerima audiensi USAID Indonesia, Jumat (13/1) di Rumah Dinas Walikota Medan.

Dirinya bersyukur dan menyambut baik bantuan program air bersih dan sanitasi layak dari USAID karena sesungguhnya Kota Medan masih membutuhkan program-program pengembangan dan perbaikan akses air bersih dan sanitasi layak bagi masyarakat Kota Medan khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Kebahagiaan ini dikarenakan tidak banyak daerah di Indonesia yang mendapatkannya. Di wilayah Sumatera Utara, Kota Medan merupakan salah satu dari 5 (lima) daerah lainnya yang dipilih untuk mendapatkan bantuan program IUWASH PLUSH.

“Kita sadari tuntutan tinggi masyarakat akan kebutuhan akses air bersih dan sanitasi yang layak belum sepenuhnya dapat direalisasikan dengan baik. Pemko Medan sangat menyambut baik bantuan USAID melalui program IUWASH PLUS,” ujar Dzulmi Eldin.

Melalui program ini tambah Eldin, diharapkan mampu memberikan percepatan program peningkatan pelayanan akses air bersih dan sanitasi yang layak kepada MBR Kota Medan, serta mampu meningkatkan taraf kesehatan hidup masyarakat Kota Medan secara umum karena pada dasarnya keberadaan air bersih dan sanitasi layak merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan kesehatan hidup sehari-hari.

“Silahkan program ini dijalankan dengan tetap berkoordinasi dengan Dinas dan Badan terkait guna memastikan ketepatan sasaran dan manfaat yang maksimal serta sinkronisasi program sejenisnya yang ada di Pemko Medan,” lanjutnya.

Sebelumnya dipaparkan Pimpinan IUWASH PLUS Mr Foort Bustraan, USAID akan membantu Kota Medan menyediakan akses air bersih dan akses sanitasi yang layak kepada masyarakat Kota Medan khususnya MBR, dengan demikian kualitas taraf hidup serta keshatan hidup masyarakat Kota Medan semakin meningkat.

“Program ini adalah program terbaru USAID yang merupakan kelanjutan pengembangan dari program IUWASH yang telah berhasil berjalan pada tahun-tahun sebelumnnya,” kata Bustraan.

Mr. Foort Bustraan menjelaskan, bahwa selama 5 tahun mendatang program IUWASH PLUS akan difokuskan pada penyediaan layanan akses air bersih untuk kebutuhan air minum layak dengan memberikan tambahan akses baru perpipaan rumah tangga serta penyediaan akses sanitasi yang layak dan aman melalui program Jamban Sehat Permanen (JSP) dengan Tangki Septik Kedap.

Turut hadir dalam audiensi tersebut Kepala Bappeda Kota Medan Drs. Zulkarnain, M.Si, Kadis Kesehatan Kota Medan, drg. Usma Polita Nasution, M.Kes, serta Kadis Bina Marga, Khairul Syahnan, ST, M.AP. (rm-05)

portal berita medan
informatif
& terpercaya