Bandara Kualanamu.
Bandara Kualanamu.

Jakarta | rakyatmedan.com
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menawarkan saham minoritas untuk pengelolaan dua bandara utama di Indonesia yakni Sepinggan Balikpapan dan Kualanamu Medan kepada swasta asing.

Upaya ini demi peningkatan kualitas sektor penerbangan agar mampu bersaing dari sisi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan dengan bandara lain di dunia.

"Kita akan melepas sekian persen saham, pasti minoritas, dan investor itu akan memasukkan uang di dalam perusahaan. Dan itu, bentuknya split AP (Angkasa Pura) I atau AP II. Uang itu bisa digunakan untuk investasi baik di Kualanamu atau Sepinggan," papar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seusai membuka Aviation Working Group dengan Dubes AS di kantornya, Jakarta, Selasa (17/1).

Budi mengaku, pertimbangan tersebut telah didiskusikan pula dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pihak Angkasa Pura. Budi optimistis dengan adanya investasi pihak asing di kedua bandara tersebut, bakal meningkatkan daya saing Indonesia di sektor penerbangan.

"Dari diskusi kami dengan Kementerian BUMN, bahwa itu adalah bandara yang terbaik, setelah Bali dan Jakarta. Kita akan berkompetisi, dengan banyak pihak, kalau punya bandara yang punya kemampuan safety security, service dengan keragaman aviasi industri di bandara itu akan meningkatkan daya saing negara secara utuh," tuturnya.

Budi menambahkan, Bandara Kualanamu nantinya akan difungsikan untuk penumpang-penumpang hingga turis internasional dari India, Singapura, hngga Malaysia. "Sedangkan, Balikpapan diharapkan dapat merespons penumpang, yang dari China, Jepang, Korea dan sebagainya," ungkapnya.

Budi optimistis dengan dua line up Bandara tersebut akan mampu meningkatkan daya tarik industri pariwisata dengan sarana transportasi yang lebih mumpuni.

"Jadi selain mendapatkan uang untuk diinvestasikan, kompetensi naik, persepsi suatu kawasan di suatu negara itu naik, apalagi kalau kita berkolaborasi dengan dunia Internasional dengan negara strata level tinggi," tukasnya. (rm/ipc)

portal berita medan
informatif
& terpercaya