Sejumlah perangkat Android dilaporkan menerima update berisi fitur Instant Tethering.
Sejumlah perangkat Android dilaporkan menerima update berisi fitur Instant Tethering.


Jakarta | rakyatmedan.com
Google dilaporkan mulai menggulirkan fitur baru untuk sejumlah perangkat Android, bernama Instant Tethering. Memungkinkan perangkat mengaktifkan internet secara otomatis saat dibutuhkan.

Fitur ini yang merupakan bagian dari layanan Google Play 10.2 ini akan menghubungkan perangkat dengan akun Google sama, seperti tablet, ke jaringan internet seluler pada ponsel.

The Verge menyebut, ide fitur ini serupa dengan fitur yang tersedia pada perangkat Mac dan iPhone. Pada Mac, pengguna hanya perlu mengklik ikon WiFi pada menu bar dan memilih iPhone.

Sementara itu pada Android, tablet akan menampilkan permintaan tersebut jika tidak mendapatkan jaringan internet, yang diperkirakan akan dilaksanakan via Bluetooth.

Perangkat yang pertama kali disambangi oleh fitur ini adalah Nexus dan Pixel yang telah menggunakan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat. Hal ini memungkinkan tablet Nexus 9 dan Pixel C dapat terhubung dengan internet melalui ponsel Pixel, meski masih menggunakan Android Marshmallow.

Tidak hanya berfungsi sebagai hotspot WiFi, dua ponsel Pixel XL juga dapat terhubung satu sama lain melalui Instant Tethering, jika salah satu dari keduanya kehilangan jaringan internet.

Hingga saat ini, belum tersedia daftar perangkat yang dapat menikmati fitur tersebut selain perangkat lini Nexus dan Pixel.

portal berita medan
informatif & terpercaya