Terima Suap Rp2,3 Miliar, AKP Ichwan Lubis Divonis 2,6 Tahun

37
Mantan Kasat Narkoba Polres Belawan AKP Ichwan Lubis
Mantan Kasat Narkoba Polres Belawan AKP Ichwan Lubis.

Medan | rakyatmedan.com
Mantan Kasat Narkoba Polres Pelabuhan Belawan, AKP Ichwan Lubis, divonis 2,6 tahun penjara dalam kasus pencucian uang Rp2,3 miliar dari jaringan narkotika Tony, Rabu (1/2).

Menurut Erintuah Damanik, Ketua Majelis Hakim, dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Medan, terdakwa terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang dan dihukum 2 tahun dan 6 bulan penjara.

Terdakwa juga divonis denda Rp1 miliar dengan subsider 4 bulan kurungan penjara.

“Terdakwa Ichwan Lubis dinyatakan bersalah dan melanggar Pasal 5 ayat 1 UU No. 8/2010 tentang pencegahan dan pemberantasan TPPU,” katanya.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum selama 5 tahun penjara.

Atas putusan tersebut, penasihat hukum menyatakan pikir-pikir. Sementara, Jaksa langsung menyatakan banding.

Sebelumnya, Toge dalam perkara ini dituntut 17 tahun penjara. Sementara dalam perkara narkotika yang diputus beberapa bulan lalu, napi di Lapas Lubuk Pakam itu dihukum penjara seumur hidup.

Menyikapi putusan ini, Jaksa Penuntut Umum Joice Sinaga menyatakan banding, sementara keempat terdakwa menyatakan pikir-pikir.

Saat keluar dari ruang persidangan, terdakwa Ichwan Lubis yang dikawal menuju sel tahanan sempat mengeluarkan pernyataan. Dirinya mengaku difitnah dalam kasus ini.

“Saya akui saya khilaf atas kesalahan, biar hukum yang membalas semuanya. Saya mohon bantulah, saya merasa difitnah dalam kasus ini,” katanya sembari berjalan menuju sel tahanan. (rm-03)

portal berita medan
informatif & terpercaya