Ilustrasi cuaca ekstrim salju di USA. (USA Today)
Ilustrasi cuaca ekstrim salju di USA. (USA Today)


Afghanistan | rakyatmedan.com
Lebih dari 100 orang tewas dalam serangkaian longsor yang dipicu badai salju di sekitar Afghanistan. Ini termasuk 50 orang tewas di satu desa, dan jumlah korban tewas bisa meningkat lebih jauh.

"Sebagian besar korban tewas di provinsi terpencil Nuristan, di mana setidaknya 50 orang tewas dalam satu desa," kata Juru Bicara Kementerian Bencana Alam Mohammad Omar Mohammadi kepada AFP, Senin (6/2).

Longsoran melanda setelah tiga hari salju berat, serta menghancurkan puluhan rumah dan memblokir jalan-jalan utama di provinsi-provinsi tengah dan timur laut. Akibatnya sulit bagi petugas penyelamat untuk mencapai desa-desa yang dilanda bencana.

"Longsor telah mengubur dua desa di Bargmatal, 50 mayat ditemukan dari satu desa sementara tim penyelamat mencoba untuk mencapai desa lainnya," kata juru bicara itu.

Di tempat lain 54 orang tewas di provinsi Afghanistan utara dan tengah, di mana para pejabat mengatakan longsoran besar menghancurkan 168 rumah dan menewaskan ratusan hewan ternak.

Cuaca buruk dan salju telah menghambat upaya petugas penyelamat untuk mencapai desa-desa terpencil. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran jumlah korban bisa meningkat tajam.

Di provinsi Badakhshan juga di timur laut negara itu, setidaknya 18 orang, termasuk tiga wanita dan dua anak, tewas ketika longsor melanda rumah mereka semalam.

"Beberapa puluhan masih terperangkap, kami mencoba untuk menyelamatkan mereka. Banyak jalan masih diblokir," kata juru bicara provinsi Naweed Frotan.

portal berita medan
informatif & terpercaya