Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan piagam penghargaan dan pin perak kepada Satuan Kerja dan anggota Polda Sumut yang berprestasi.
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan piagam penghargaan dan pin perak kepada Satuan Kerja dan anggota Polda Sumut yang berprestasi.

 

Sibolangit | rakyatmedan.com
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan piagam penghargaan dan pin perak kepada Satuan Kerja (Satker) dan anggota Polda Sumut jajaran yang berprestasi.

“Penghargaan diberikan guna meningkatkan motivasi dan kinerja anggota dalam melayani masyarakat dan mengungkap kasus atas prestasi kerja,” ujar Kapolri pada Rakorwil Polda Pantai Timur Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) di The Hill Hotel, Sibolangit, Senin (6/2).

Penghargaan itu diberikan sesuai Keputusan Kapolri Nomor: Kep/131/II/2017 tertanggal 3 Febriari 2017, di sela-sela Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Polda Pantai Timur Sumbagut.

Adapun Satker yang menerima piagam pengharaan, Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut dan Polrestabes Medan yang telah mengungkap kasus pembunuhan pengusaha reparasi senjata Air Soft Gun Indra Gunawan alias Kuna di Jalan Ahmad Yani, Kesawan Medan pada 22 Januari 2017.

Piagam Penghargaan juga diberikan kepada Satresnarkoba Polrestabes Medan yang berhasil menangkap tersangka kasus narkoba dengan barang bukti 10 kg sabu dan 781 butir ekstasi.

Penghargaan PIN Perak kepada Aipda Jonggi H Damanik (anggota Dit Narkoba Polda Sumut) yang mengalami luka tangan kanan saat menangkap tersangka narkoba. Pengharaan PIN Perak kepada, Ipda Riswanto, Kanit 2 Subden 4 Den B Satbrimob berhasil menangkap 1 tersangka narkoba dengan barang bukti 9 kg sabu.

Penghargaan juga diberikan untuk Bhayangkara Pembina Kamtibmas (bhabinkamtibmas) yang mampu meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

Di antaranya Bripka Wahyu Muliawan, Bhabinkamtibmas Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Marelan, Polres Pelabuhan Belawan, melakukan terobosan kreatif dengan membentuk komunitas ojek kamtibmas, warung kopi kamtibmas, rumah baca kamtibmas dan mengantifkan pos-pos Siskamling serta melaksanakan manajemen sambang kepada masyarakat dan membina mantan kurir narkoba menjadi insyaf.

Bripka Wahyu juga memberdayakan para petani sayur didaerahnya dengan menampung hasil pertanian sayur para petani dan membelinya dengan harga sesuai harga pasaran yang layak.

Selanjutnya, Aiptu Untung Sinaga Bhabinkamtibmas Polres Tapanuli Utara yang menggerakkan masyarakat dalam budi daya ikan. Kemudian, Brigadir Mukhlis Husaini Nasution Bhabinkamtibmas Polres Labihan Batu.

Adapula Aipda Na’amudin Siregar Bhabinkamtibmas Polres Mandailing Natal, Aiptu Abu Yamin Bhabinkamtibmas Polres Dairi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangun jalan desa. Setelah itu, Bripka Chandra Hasibuan Bhabinkamtibmas Polrestabes Medan dalam pembinaan anak tidak sekolah.

Piagam Pengharaan dan PIN Perak itu diserahkan secara simbolis oleh Kapolri kepada delapan personel Polda Sumut dan jajaran. Secara keseluruhan penghargaan diterima oleh 109 personel satker dan satwil baik bintara maupun perwira seluruh jajaran Polda Sumut.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengaku sangat menghargai personel yang memiliki prestasi tersebut karena mengangkat citra institusi Polri.

Kapolri meminta Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amleza Dahniel untuk memberikan perhatian khusus terhadap personel yang berprestasi, terutama untuk kalangan bhabinkamtibmas.

Diantara perhatian tersebut adalah prioritas untuk mengikuti pendidikan, baik Sekolah Alih Golongan (SAG) mau pun Sekolah Inspektur Polisi (SIP).

“Kalau pun ada kekurangannya dikit, luluskan saja,” ujar Kapolri di depan personel yang menerima penghargaan tersebut. (rm-04)

portal berita medan
informatif & terpercaya