FOTO BERSAMA. Manajemen XL West Region Sumatera foto bersama usai memberikan keterangan pers terkait peningkatan jaringan data berkualitas.
FOTO BERSAMA. Manajemen XL West Region Sumatera foto bersama usai memberikan keterangan pers terkait peningkatan jaringan data berkualitas.


Medan | rakyatmedan.com
Kebutuhan pelanggan dan masyarakat Indonesia atas layanan berbasis data digital terus meningkat dari tahun ke tahun. Sebaliknya, layanan tradisional berupa voice dan SMS terus menurun trafik penggunaannya. Hal tersebut menunjukkan semakin luasnya masyarakat Indonesia yang merasakan manfaat layanan Data, termasuk mereka yang bermukim di pelosok daerah.

General Manager (GM) FMS XL West Region, Yan Ferdiyan Nurfurqan mengatakan, peningkatan kualitas jaringan merupakan salah satu bagian penting dari upaya XL meningkatkan kualitas layanan secara menyeluruh. Semakin baik kualitas jaringan akan menopang semua aspek kualitas layanan.

"Upaya tersebut meliputi dua hal, yaitu peningkatan kapasitas dan ekspansi jaringan," ujar Ferdiyan kepada wartawan, Senin (6/2).

Peningkatan kapasitas antara lain dilakukan dengan memperbesar alokasi jaringan hingga 3x lipat. Sementara itu, ekspansi akan terus dilaksanakan di wilayah Jawa dan luar Jawa.

"Untuk Jawa, dikhususkan di daerah yang selama ini belum tercover layanan 3G secara memadai," terangnya.

Ia menjelaskan, saat ini pergeseran penggunaan layanan tradisional voice dan SMS ke aplikasi-aplikasi digital yang bisa menggantikan keduanya telah mendorong trafik layanan data.

"Peningkatan konsumsi layanan data juga terus meningkat dari pelanggan XL yang berada di berbagai pelosok daerah yang sebelumnya masih mengutamakan voice dan SMS untuk berkomunikasi," jelasnya.

Ia menuturkan, hal tersebut menunjukkan bahwa semakin luas pelanggan XL dan masyarakat Indonesia yang telah merasakan manfaat positif dari layanan data digital, termasuk dalam format video.

"Total trafik jaringan dari seluruh layanan meningkat 162 persen menjadi sekitar 500 Petabytes per akhir 2016," tuturnya.

Ia mengatakan, pelanggan XL telah bisa merasakan kualitas layanan yang semakin baik, terutama dari koneksi yang makin luas, cepat, dan kuat.

Disebutkan, hingga akhir 2016 sebanyak lebih dari 350 kota/kabupaten di Indonesia telah terjangkau dengan layanan 3G, dan hampir 100 kota/area terlayani dengan 4G LTE.

Secara nasional 91 persen populasi Indonesia telah terlayani oleh layanan 3G yang berkualitas dari XL. Untuk jaringan 4G LTE telah menjangkau 53 persen populasi. Sementara itu total jaringan 2G menjangkau 93 persen populasi.

Dari kesuksesan jaringan 4G LTE, di awal 2017 ini XL juga terus berinovasi dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan dengan implementasi BTS 4.5G ready yang akan mendukung teknologi-teknologi 4.5G tanpa perlu upgrade BTS. (rm-02)

portal berita medan
informatif
& terpercaya