Henrikh Mkhitaryan cetak gol untuk Manchester United ke gawang St Etienne pada babak pertama. (Reuters / Andrew Boyers)
Henrikh Mkhitaryan cetak gol untuk Manchester United ke gawang St Etienne pada babak pertama. (Reuters / Andrew Boyers)

Saint-Etienne | rakyatmedan.com
Gol Henrikh Mkhitaryan sukses membawa Manchester United lolos ke babak 16 besar Liga Europa setelah mengalahkan Saint-Etienne 1-0 pada leg kedua babak 32 besar, Kamis (23/2) dini hari WIB. Berkat kemenangan tersebut, MU memastikan keunggulan agregat 4-0 atas St-Etienne.

Tampil di kandang sendiri, St Etienne berusaha tampil lebih dominan 10 menit awal babak pertama. Skuat arahan Jose Mourinho itu pun kerap kerepotan menghadapi serangan tim lawannya.

Meski demikian, Zlatan Ibrahimovic dan kawan-kawan mulai mencoba mengimbangi permainan St Etienne dan pertarungan di lini tengah yang paling panas pada laga itu.

Memasuki menit ke-11, Paul Pogba berupaya menerobos pertahanan St Etienne dari sisi kiri ke kotak penalti dan melepaskan umpan. Namun, operannya itu mampu dimentahkan kiper tim tuan rumah Stephane Ruffier.

Berusaha bermain lebih terbuka, St Etienne kerap meninggalkan sejumlah kelemahan di lini belakang, terutama di sektor sebelah kanan pertahanan mereka.

Benar saja, kelemahan itu mampu dimanfaatkan para pemain MU. Pada menit ke-17 Setan Merah sudah membobol gawang tuan rumah lewat gol Henrikh Mhitaryan

Gol tersebut berasal dari umpan Juan Mata di sisi kanan pertahanan St Etienne. Mata dengan leuasa menyisir sisi kanan pertahanan lawannya itu dan tak ada yang bisa membendung umpannya yang langsung ke depan gawang Stephane Ruffier.

MU nyaris menggandakan skor pada menit ke-21 lantaran bek St Etienne Kevin Tephille hampir membuat gol bunuh diri setelah tandukan rekannya, Loic Perrin mengenainya. Beruntung, Ruffier sigap menepis bola liar tersebut.

Perrin berusaha menghalau umpan Mata dari sisi kanan dengan sundulannya dan justru mengenai rekannya sehingga memantul ke gawangnya sendiri.

Pada menit ke-25 Mkhitaryan yang mencetak gol digantikan oleh striker muda Manchester United Marcus Rashford. Mourinho sepertinya tak mau mengambil risiko dan lebih memilih mengistirahatkan pemainnya itu.

St Etienne mendapat peluang emas pada menit ke-39. Sundulan Loic Perrin memanfaatkan umpan lambung masih mampu ditangkap kiper MU Sergio Romero.

ManUtd juga mendapatkan peluang yang sangat baik pada menit ke-40. Tendangan Ibrahimovic dari luar kotak penalti masih melebar di sisi kiri gawang St Etienne yang dijaga Ruffier.

Permainan taktis Eric Bailly patut diacungi jempol. Ia mampu menghalau serangan Kevin Monnet Paquet pada menit ke-43 di dalam kotak penalti setelah melewati kiper Romero yang keluar dari daerahnya untuk mengadang.

MU unggul 4-0 secara agregat setelah pada leg pertama menang 3-0 atas St Etienne di Old Trafford. (rm/cnn)

portal berita medan
informatif & terpercaya