Suasana peluncuran fasilitas kesehatan pengobatan kanker di Rumah Sakit Umum Vina Estetica, Jumat (24/2).
Suasana peluncuran fasilitas kesehatan pengobatan kanker di Rumah Sakit Umum Vina Estetica, Jumat (24/2).

Medan | rakyatmedan.com
Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin S MSi berharap kehadiran fasilitas Cath Lab Radiologi Intervensi di Rumah Sakit Umum Vina Estetica dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Medan, mengingat ketersediaan fasilitas Cath Lab Radiologi Intervensi itu sendiri saat ini masih sangat langka di Indonesia.

“Keberadaan fasilitas kesehatan ini di Kota Medan harus semakin menambah optimisme dan semangat kepada para penderita penyakit kanker untuk sembuh dalam proses pengobatannya,” ujar Walikota Medan diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, drg Hj Usma Polita Nasution MKes, didampingi Camat Medan Petisah, Syahrul Rambe saat peluncuran fasilitas kesehatan baru yang diberi nama Cath Lab Radiologi Intervensi, Jumat (23/2).

Untuk itu, walikota mengimbau kepada masyarakat Kota Medan dan yang ada di sekitar wilayah regional Kota Medan yang mengidap penyakit kanker agar memanfaatkan fasilitas yang dimiliki rumah sakit ini, terlebih penanganan penyakit kanker di RSU Vina Estetica ini juga melayani pasien kanker Peserta BPJS Kesehatan.

“Sekarang tidak perlu jauh-jauh lagi harus berobat ke Singapura, Malaysia, Jepang, Eropa bahkan Amerika untuk urusan kanker karena semuanya sudah semakin mumpuni di Kota Medan,” ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Walikota Medan mengapresiasi serta memberikan dukungan penuh untuk keberadaan fasilitas Cath Lab Radiologi Intervensi oleh RSU Vina Estetica di Kota Medan.

Sementara itu oleh penyelenggara, dr Dahnial Syahputra SP Rad, diungkapkan bahwa Cath Lab Radiologi Intervensi ini merupakan sub spesialisasi radiologi yang memanfaatkan prosedur minimal invasif untuk mendiagnosa dan mengobati penyakit pada hampir semua organ tubuh dengan menggunakan panduan gambar yang dihasilkan dari alat radiologi seperti USG, CT Scan, MRI dan Fluoroskopi.

Penyediaan peralatan kesehatan ini diperuntukkan guna meningkatkan mutu pelayanan di RS Vina Estetica, khususnya di bidang radiologi dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan bagi penderita penyakit kanker.

Ketua Yayasan RS Vina Estetica, Cory Sebayang sendiri awalnya melihat tantangan besar medis di Indonesia untuk menyediakan fasilitas kesehatan seperti ini.

“Panggilan hati untuk menolong sesamalah yang mendorong kebutuhan layanan radiologi intervensi kepada pengidap penyakit kanker bisa hadir di Medan,” ujarnya.

Kehadiran Cath Lab Radiologi Intervensi yang pertama di Kota Medan ini untuk semakin menjawab tantangan kebutuhan layanan radiologi, khususnya kepada penderita penyakit kanker, dengan demikian memberi opsi lebih kepada masyarakat untuk menentukan langkah penyembuhan penyakit kanker pada dirinya.

Peluncuran ini ditandai dengan penggutingan pita serta peninjauan ruang Cath Lab Radiologi Intervensi yang turut dihadiri oleh Guru Besar Radiologi Intervensi Prof dr Triyono SP Rad, Sekretaris Persatuan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia (PDSRI) DR dr Jacob Pandelaki SP Rad, serta Presiden Perkumpulan Sub Spesialis Radiologi Intervensional Indonesia (PSRII) DR dr Prijo Sidipratomo SP Rad. (rm-05)

portal berita medan
informatif
& terpercaya