Pengamanan ketat Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud kini menuju Istana Bogor, Jawa Barat dengan pengawalan super ketat dari pihak keamanan TNI dan Polri yang ikut mengawal dan menjaga.
Pengamanan ketat Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud kini menuju Istana Bogor, Jawa Barat dengan pengawalan super ketat dari pihak keamanan TNI dan Polri yang ikut mengawal dan menjaga.

Jakarta | rakyatmedan.com
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud siang ini akan mendarat di Halim Perdana Kusuma. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangannya di Badara Halim Jakarta Timur.

Setelah tiba di tanah air, Presiden Jokowi dan Raja Salman akan bergerak ke Istana Bogor dengan pengamanan ketat oleh kepolisian.

Kakorlantas Irjen Royke Lumawa mengatakan, mereka akan menggerakkan sejumlah personelnya untuk mengawal secara melekat rombongan.

"Full (personel) dari Polda Metro Jaya, Polda Jawa barat 2.000 personel. Tak hanya polantas (iring-iringan) tapi ada PAM rute dan jalur di setiap Polres dan Polsek (yang dilalui)," ujar dia di Korlantas, Rabu (1/3).

Menurut dia, untuk pola pengamanan nantinya hampir sama dengan pengamanan tamu kenegaraan lainnya.

"Seperti Barack Obama yang beberapa waktu lalu pernah kemari dan pemimpin negara-negara lainnya, kita berlakukan yang sama," ucap dia.

Mantan Kapolda Papua Barat ini juga berkata, pihaknya juga sudah menyiapkan pola pengamanan lalu lintas pada saat Raja Salman dan rombongan menuju Istana Bogor. Nantinya, sambung Royke, Raja Salman dan rombongan akan langsung diarahkan menuju Tol Jagorawi.

"Akses-akses yang mengarah ke Tol Jagorawi, 5 sampai 10 menit sebelum beliau lewat sudah berangsur-angsur dikurangi sampai exit tol Baranangsiang," ucap Rokye.

Royke memastikan penutupan jalan tol Jagorawi juga akan diberlakukan pihaknya. Namun, penutupan jalan tidak dilakukan terus menerus atau seharian penuh.

"Penutupan pada ada saat beliau lewat saja. Sebagian arus di Jagorawi kita keluarkan di pintu-pintu tol seperti Sentul, Sentul Selatan dan lain-lain. Sistemnya seperti itu, tidak diblok secara total," kata Royke.

portal berita medan
informatif
& terpercaya