Bayer Leverkusen, Roger Schmidt.
Bayer Leverkusen, Roger Schmidt.


Leverkusen | rakyatmedan.com
Klub Bundesliga Jerman, Bayer Leverkusen mengumumkan bahwa pihaknya telah mendepak pelatih kepala Roger Schmidt, Minggu (5/3).

Bayer Leverkusen resmi memecat pelatih mereka, Roger Schmidt. Keputusan itu tak terlepas dari kekalahan telak Leverkusen 2-6 dari Borussia Dortmund dalam lanjutan Bundesliga, Sabtu 4 Maret malam WIB.

Pelatih berusia 49 tahun itu didepak dari pekerjaannya setelah membawa timnya kalah tiga kali beruntun di semua kompetisi, dan terakhir dicukur Borussia Dortmund 6-2 pada Sabtu (4/3) kemarin.

Schmdit sejatinya sempat memimpin sesi latihan tim pada Minggu ini, selagi di waktu bersamaan jajaran direksi menggelar rapat mengenai nasibnya sebelum kemudian diputuskan untuk mendepaknya.

Mengenai pemecatan ini, managing director Michael Schade mengatakan: “Menimbang situasinya saat ini dan kami yang telah melakukan analisis dan rapat yang sangat mendetail, kami sampai pada keputusan untuk berpisah, yang mana itu menyakitkan, namun ini tak terhindarkan demi perbaikan dan perkembangan Bayer 04,” ujarnya di laman resmi klub.

“Saya secara pribadi sangat menyayangkan ini, karena kami punya banyak utang budi pada Roger Schmidt atas kesuksesannya di babak grup Liga Champions selama tiga musim, sebagaimana dia mampu mengimplementasikan filosofi kami, mengembangkan para pemain muda dan membentuk mereka menjadi pemain nasional.”

Sementara itu, direktur olahraga Rudi Voller menambahkan: “Saya menganggap Roger Schmidt sebagai pelatih top, dan saya selalu yakin dengan pekerjaannya, namun kami harus bereaksi sekarang jika tidak ingin gagal dalam meraih tujuan,” ujarnya.

“Hal pertama yang harus kami lakukan adalah mencari sesuatu yang baru dalam konstelasi dan menghadirkannya dalam tujuan kami. Tim kami punya kualitas bagus, namun itu jarang muncul musim ini padahal Roger Schmidt punya tanggung jawab untuk bisa memunculkan kualitas tersebut," tutupnya. (rm/goal)

portal berita medan
informatif & terpercaya