Upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA.2016/2017 dan pengambilan Sumpah yang dilaksanakan di Lapangan SPN Polda Sumut Jalan Bhayangkara Medan, Selasa (7/3).
Upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA.2016/2017 dan pengambilan Sumpah yang dilaksanakan di Lapangan SPN Polda Sumut Jalan Bhayangkara Medan, Selasa (7/3).


Medan | rakyatmedan.com
Kapolda Sumut (Kapoldasu) Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel melantik ratusan Bintara Polri TA.2016/2017 di Lapangan SPN Poldasu, Jalan Bhayangkara, Medan, Selasa (7/3) sekira pukul 10.00 WIB.

Acara ini sekaligus menjadi penutup pendidikan pembentukan Bintara Polri yang diselenggarakan selama tujuh bulan di beberapa Pusdik di seluruh Indonesia seperti Pusdik Sepolwan, Pusdik Sabhara, Pusdik Binmas, Pusdik Pol Air dan 29 SPN Polda.

"Di era demokratisasi dan globalisasi yang terjadi secara menyeluruh turut berdampak ada eksistensi Indonesia sebagai Negara berdaulat, demikian pula bagi institusi Polri dalam perannya sebagai alat Negara di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat," ujar Rycko.

Rycko mengungkapkan, perkembangan gangguan keamanan serta kemunculan berbagai jenis kejahatan berdimensi baru, menjadi tantangan tugas Polri ke depan khususnya dalam melaksanakan tugas pokok Polri dalam menegakkan hukum, memelihara kamtibmas serta sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat.

"Menghadapi realitas ini, Polri telah meluncurkan program Promoter yang berintikan perbaikan pada tiga hal utama yaitu kebaikan kultur budaya Polri, peningkatan kinerja serta manajemen media tiga hal ini bertujuan untuk meningkatkan publik trust agar organisasi Polri dapat survive di tengah dinamika perkembangan tantangan tugas yang ada," terang Rycko.

Oleh karena itu, lanjut Rycko, institusi Polri harus didukung dengan sumber daya manusia yang handal dan memahami tugas serta perannya, sebagai salah satu upaya kebutuhan SDM Polri yang handal melalui pelaksanaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri.

"Diktuk Bintara Polri TA. 2016/2017 telah menghasilkan 9.842 personel Polri terdiri atas 9.244 Polisi laki-laki dan 598 Polisi wanita. Jumlah tersebut terbagi ke dalam 8.656 Bintara Polri tugas umum, 438 Bintara Polri Penyidik Pembantu dan 150 Bintara Pol Air," beber Rycko.

Rycko berharap, keberadaan para Bintara ini dapat memperkuat dan mendukung pelaksanaan tugas Polri dalam menangani seluruh potensi gangguan dan kejahatan yang terjadi sehingga upaya mewujudkan Polri semakin Professional, Modern dan Terpercaya (Promoter) segera terealisasi.

Dikatakan Rycko, para Bintara yang dilantik secara resmi hari ini sudah menjadi anggota Polri dan telah melekat berbagai tugas dan tanggung jawab sebagai bhayangkara Negara.

"Para Bintara muda ini akan berdiri di jajaran terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kehadiran Polisi remaja ini akan menjadi cerminan layanan Polri secara keseluruhan," sebut Rycko.

Hadir dalam pelantikan tersebut Wakapolda Sumut, Irwasda, pejabat utama, Kapolrestabes Medan, Kapolres Binjai, Kapolres Langkat, Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Sumut beserta pengurus bhayangkari Daerah Sumut, serta orangtua dan keluarga siswa yang dilantik. (rm-04)

portal berita medan
informatif & terpercaya