Polsek Belawan Tingkatkan Patroli Jalur Tol Belawan
Polsek Belawan Tingkatkan Patroli Jalur Tol Belawan.


Belawan | rakyatmedan.com
Komitmen Polres Pelabuhan Belawan untuk memberantas pungli dan premanisme di wilayahnya diwujudkan oleh Polsek Belawan.

Hal tersebut diwujudkan dengan melakukan patroli ke lokasi - lokasi rawan pungli dan premanisme khususnya di sekitar jalur pintu Tol Belawan.

Kapolsek Belawan Kompol Edi Suprianto mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan arahan yang disampaikan oleh Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Yemi Mandagi SIK.

Dalam arahan tersebut, Kapolres Pelabuhan Belawan menekankan beberapa hal dimana salah satunya menghilangkan kegiatan premanisme dan pungli yang marak diwilayah Belawan.

Menurut Kapolsek Belawan, kawasan sekitar jalan tol Kampung Kurnia dipilih, karena banyaknya laporan dari masyarakat tentang kegiatan pungli yang marak dilokasi tersebut.

Dikatakan, banyak pemuda yang melakukan pungutan liar kepada setiap truk yang melintas. Akibat pungutan liar tersebut biaya untuk transportasi barang dari dan menuju Belawan menjadi meningkat.

"Kami banyak menerima laporan dari warga tentang kegiatan pungli di tol kampung kurnia, banyak pemuda yang meminta-minta kepada truk yang melintas, permintaannya memang hanya seribu-dua ribu, namun hal tersebut sangat meresahkan mengingat terkadang mau mencapai belasan pemuda yang melakukan pungli," ungkap Kapolsek Belawan.

"Kegiatan patroli ini juga kami lakukan sebagai bentuk program prioritas promoter Kapolri khususnya pemberantasan premanisme. Kami akui kami masih ada kekurangan karena minimnya personil dan banyaknya kegiatan, kami tidak dapat menempatkan personil dilokasi tersebut selama 24 jam, namun kami akan melakukan patroli pada jam-jam rawan terjadinya pungli. Beberapa ada yang sudah kami lakukan penangkapan, namun terkadang pihak supir tidak mau membuat laporan pengaduan, hal tersebut menjadi kendala kami untuk meneruskan berkas perkaranya," tutup Kapolsek Belawan. (rmd-02)

portal berita medan
informatif & terpercaya