Bahrumsyah yang dilaporkan tewas di Suriah
Bahrumsyah yang dilaporkan tewas di Suriah.

Damaskus | rakyatmedan.com
Salah seorang komandan kelompok militan Islamic State (ISIS) Asia Tenggara asal Indonesia, Bahrumsyah dilaporkan tewas di Suriah.

Berdasarkan laporan Kantor Berita Al-Masdar, tewasnya Bahrumsyah terjadi pada Senin 13 Maret, ketika berlangsungnya operasi bom bunuh diri gagal terhadap pasukan Suriah.

"Bahrumsyah tewas setelah mobil berisi bahan peledak yang dikendarainya meledak lebih cepat di Palmyra. Bom itu ditujukan kepada unit Angkatan Darat Suriah," menurut Kantor Berita Al-Masdar.

"ISIS mengonfirmasi kematian Bahrumsyah pada Selasa, tetapi mengklaim bahwa serangan yang dilakukan oleh 'Abu Muhammad al Indonesi', sukses mengakibatkan kerusakan kepada musuh," seperti disebutkan The Straits Times, Selasa (14/3).

Abu Muhammad al Indonesi, dikenal sebagai nama lain dari Bahrumsyah. Dia menjadi terkenal setelah muncul dalam video rekrutmen pada 2014 dan meminta militan di Indonesia, Malaysia serta negara lain di Asia Tenggara untuk bergabung dengan ISIS.

Bahrumsyah dikabarkan diminta untuk memimpin batalyon pasukan asing ISIS yang berasal dari Asia Tenggara.

Amerika Serikat pun sudah menempatkan dirinya dalam daftar teroris pada Januari lalu, karena kaitannya dengan ISIS. Di bulan yang sama muncul pula dirinya tewas dalam pertempuran.

Istri ketiga Bahrumsyah, NK, berada dalam rombongan 17 orang warga negara Indonesia yang dideportasi dari Turki pada Januari. Rombongan ini dideportasi karena mencoba untuk masuk ke Suriah.

portal berita medan
informatif & terpercaya