Siepropam melakukan pemeriksaan senpi
Siepropam melakukan pemeriksaan senpi

Pakpak Bharat | rakyatmedan.com
Sie Propam Polres Pakpak Bharat melakukan pemeriksaan senjata api (senpi) kepada sejumlah personel Polres Pakpak Bharat yang memiliki senjata api (senpi) organik, Kamis (16/3).

Pemeriksaan tersebut dipantau langsung Kapolres AKBP Jansen Sitohamg Sik MH, personil yang mendapatkan izin untuk memegang senpi inventaris menjalani pemeriksaan dari Propam Polres Pakpak Bharat yang dipimpin Kasie Propam Iptu R Simarmata.

Dari hasil pemeriksaan senpi itu, ditemukan kartu izin pemakaian yang dipegang personil keseluruhannya sudah habis masa berlakunya, setiap personil yang sudah habis masa kartu pemakaian senpi dicatat dan disarankan untuk memperpanjang surat izin dengan mengikuti test psykologi terlebih dahulu di Mapolda Sumut.

Menurut AKBP Jansen yang saat itu memantau jalannya pemeriksaan senpi tersebut mengatakan, pemeriksaan ini untuk mengetahui sejauhmana kondisi senpi yang dibawa para personel Polres Pakpak Bharat dalam menjalankan tugasnya.

Selain mengecek kondisi senpi berikut amunisinya, menurut penjelasan AKBP Jansen, hal ini juga untuk mengetahui surat pinjam pakai senpi para personel.

"Kita tidak mau saat pelaksanaan tugas, senpi yang seharusnya siap digunakan, karena kurangnya pemeriksaan sehingga ada kendala,” imbuh Kapolres AKBP Jansen.

Dijelaskan kepada personil, tidak semua personil Polri mendapat kesempatan untuk memegang senjata api, karena syarat pemegang senpi harus menjalani test psykologi terlebih dahulu.

"Itu dilakukan untuk mengetahui sejauhmana personil layak untuk memakai senjata api, yang lebih penting pemegang senjata api tidak lah orang yang tempramental tinggi dan senjata api bukan untuk gagah gagahan semata, ” jelas Kapolres. (rmd-05)

portal berita medan
informatif
& terpercaya