Kasi PHU Kemenag Sergai saat meninjau proses pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji.
Kasi PHU Kemenag Sergai saat meninjau proses pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji.

Sergai | rakyatmedan.com
Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memberikan pelayanan pemeriksaan medis bagi 142 calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Sergai di Puskesmas Perbaungan, Selasa (21/3).

Pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji tahap pertama adalah upaya penilaian status kesehatan pada seluruh calon jamaah haji, dengan menggunakan metode pemeriksaan medis yang dibakukan untuk mendapatkan data kesehatan bagi upaya-upaya perawatan dan pemeliharaan, serta pembinaan dan perlindungan.

Didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Sergai Zulkifli Sitorus, pelaksanaan pemeriksaan dilakukan oleh oleh Tim Pemeriksa Kesehatan di Puskesmas yang ditunjuk oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Menurut Zulkifli, fungsi Pemeriksaan sejak awal itu merupakan kunci sebagai identifikasi, karakterisasi dan prediksi, serta penentuan metode eliminasi faktor risiko kesehatan calon jamaah haji dan juga pemeriksaan dasar dalam upaya perawatan dan pemeliharaan kesehatan, serta upaya-upaya pembinaan dan perlindungan kesehatan jemaah haji.

"Pemeriksaan kesehatan sedini mungkin menjadi penting untuk dapat mengenali potensi dan gangguan kesehatan calon jamaah untuk kemudian dikendalikan dan diobati," ucap Zulkifli

Setelah pemeriksaan, maka diperlukan juga pembinaan bagi calon jamaah haji. Dalam pembinaan, calon jamaah haji juga memiliki peran yang sangat besar untuk menhgunakan failitas kesehatan dengan maksimal. Calon jamaah harus mengikuti saran dan tindakan-tindakan medis yang dianjurkan oleh dokter ataupun petugas kesehatan termasuk memperhatikan kebutuhan gizi, rutin meminum obat dan melakukan latihan fisik.

"Pemeriksaan dan pembinaan ini berlaku bagi semua calon jamah haji khususnya bagi mereka yang masuk kategori jamaah risiko tinggi (risti)," tambahnya.

portal berita medan
informatif & terpercaya