Polda Sumatera Utara mencatat statistik adanya 60 korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas selama pelaksanaan Operasi Simpatik Toba
Polda Sumatera Utara mencatat statistik adanya 60 korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas selama pelaksanaan Operasi Simpatik Toba.

Medan | rakyatmedan.com
Operasi Kepolisian Terpusat Simpatik Toba 2017 yang digelar Direktorat Lalulintas (Dit Lantas) Polda Sumut dan 27 polres jajaran selama 21 hari terhitung dari 1 hingga 21 Maret, resmi berakhir.

Polda Sumatera Utara mencatat statistik adanya 60 korban tewas akibat kecelakaan lalulintas selama pelaksanaan Operasi Simpatik Toba ini.

Kabid Humas Polda Sumut melalui Kasubbid Penerangan Masyarakat Bidang Humas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan, jumlah korban tewas itu tercatat dari 160 kecelakaan lalulintas yang menyebabkan 59 orang menderita luka berat dan 6.167 orang mengalami luka ringan.

Sedangkan kerugian materi akibat kecelakaan lalulintas selama Operasi Simpatik Toba tersebut mencapai Rp182 juta lebih.

Menurutnya, operasi kepolisian terpadu itu mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif melalui pengaturan, penjagaan dan patroli lalu lintas didukung dengan kegiatan represif.

Upaya tersebut dilakukan melalui teguran simpatik dan  penegakan hukum secara selektif untuk mewujudkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap UU lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dari ribuan pelanggaran, petugas Operasi Simpatik Toba memberikan penindakan untuk pengendara roda dua (31.119 unit), mobil penumpang (4.184 unit), bus (1.052 unit), mobil barang (2.204 unit), dan kendaraan khusus (45 unit).

Sedangkan kelompok pelaku pelanggaran lalu lintas itu terdiri dari PNS (2.549 orang), karyawan swasta (17.218 orang), pelajar dan mahasiswa (10.274 orang), pengemudi (2.795 orang), TNI (38 orang), Polri (75 orang), dan kelompok masyarakat lainnya (4.655 orang).

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, petugas Operasi Simpatik Toba terus melakukan penyuluhan dan penerangan yang telah dilaksanakan sebanyak 5.411 kali.

Demikian juga dengan penyebaran brosur, pemasangan spanduk, pengaturan lalu lintas, termasuk pengawalan dan patroli di jalan raya. (rm-04)

portal berita medan
informatif & terpercaya