Selebrasi Lukas Podolski. (foto AFP: Patrik Stollarxz)
Selebrasi Lukas Podolski. (foto AFP: Patrik Stollarxz)

Dortmund | rakyatmedan.com
Jerman sukses memetik kemenangan saat menjamu Inggris pada laga persahabatan di Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (23/3) dinihari WIB. Tuan rumah menang 1-0 lewat gol semata wayang yang dicetak Lukas Podolski.

Kemenangan Die Mannschaft terasa spesial, karena gol kemenangan dicetak Podolski yang menjalani laga terakhirnya di timnas. Pelatih Joachim Loew juga menunjuknya sebagai kapten pada laga ini.

Kedua tim hanya mampu bermain imbang tanpa gol di babak pertama. Tuan rumah justru tampil kurang greget sehingga membuka celah bagi Inggris untuk membangun serangan.

Tim asuhan Gareth Southgate bahkan tercatat unggul dalam urusan peluang. Mereka mengemas dua tembakan mengarah ke gawang dari total tujuh tembakan di sepanjang babak pertama.

Inggris nyaris unggul lewat peluang emas Adam Lallana di menit ke-31. Berhasil merebut bola dari pemain lawan dan tinggal berhadapan dengan kiper Marc-Andre ter Stegen. Namun, bola masih membentur tiang.

Kapten tim Jerman, Lukas Podolski, yang resmi gantung sepatu usai laga ini tampil ngotot untuk mencetak gol. Sedikitnya tiga tembakan jarak jauh yang dilepaskan masih melenceng dari sasaran. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, tuan rumah mendapat peluang pertama di lewat situasi sepak pojok pada menit ke-48. Julian Brandt menyambut bola liar dengan sepakan voli. Sayang tembakannya masih melenceng.

Gol yang ditunggu-tunggu tuan rumah akhirnya hadir di menit ke-69. Gol ini terasa spesial lantaran dicetak oleh Podolski. Tendangan jarak jauhnya tak mampu dibendung Joe Hart dan membawa Jerman unggul 1-0.

Jerman nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-81. Leroy Sane yang lolos dari kawalan pemain belakang berada dalam situasi menguntungkan untuk mencetak gol. Tapi, ia dianggap telah berada dalam posisi offside.

Podolski mendapat standing ovation dari penonton dan rekan-rekannya setelah ditarik keluar dan digantikan Sebastian Rudy di menit ke-85.

Ini menjadi laga terakhir sekaligus spesial bagi Podolski bersama Der Panzer yang sukses mempertahankan kemenangan hingga laga usai. (rm/cnn)

portal berita medan
informatif & terpercaya