Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Tohar Bayoangin saat membuka acara Diskusi Konsolidasi rencana kerja Program dan Anggaran di Hotel saka Medan, Minggu (26/3).
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Tohar Bayoangin saat membuka acara Diskusi Konsolidasi rencana kerja Program dan Anggaran di Hotel saka Medan, Minggu (26/3).

Medan | rakyatmedan.com
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Tohar Bayoangin meminta jajarannya untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi dan konsultasi baik secara internal maupun dengan instansi terkait dalam rangka pelaksanaan anggaran yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Hal itu disampaikannya saat membuka acara Diskusi Konsolidasi rencana kerja Program dan Anggaran di Hotel Saka Medan, Minggu (26/3).

Kakanwil Kemenagsu mengingatkan jangan sampai ada informasi yang tersumbat antara Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara dengan Kemenag kabupaten/kota.

Dia juga meminta kepada jajarannya agar meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran dalam rangka meningkatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI pada laporan Keuangan Kementerian Agama.

"Jangan sampai Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara memberikan opini WDP bagi laporan Keuangan Kemenag," tegasnya.

Tohar menyampaikan, agar seluruh satker membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan yang dilaksanakan pada tahun berjalan sebaik mungkin agar pemeriksaan kedepan Kementerian Agama kembali meraih WTP.

Lebih Lanjut Kakanwil Kemenagsu mengatakan agar seluruh temuan hasil pemeriksaan BPK RI, BPKP, dan Inspektorat Jenderal segera ditindak lanjuti dan hindari kesalahan yang sama agar tidak berulang pada tahun ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Musythari Bahmid Panggabean melaporkan, peserta pada kegiatan ini berjumlah 100 orang terdiri dari Kepala Subbag Usaha dan operator Kementerian Agama kabupaten/kota se-Sumatera Utara.

portal berita medan
informatif & terpercaya