Presiden Jokowi dan Presiden Perancis Francois Hollande menyaksikan penandatangan kerja sama kedua negara, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (29/3) siang. (Foto: Agung/Humas)
Presiden Jokowi dan Presiden Perancis Francois Hollande menyaksikan penandatangan kerja sama kedua negara, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (29/3) siang. (Foto: Agung/Humas)

Jakarta | rakyatmedan.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Perancis Francois Hollande, yang dalam kunjungannya ke Indonesia kali ini membawa sekitar 40 delegasi bisnis. Ia menyebutkan, Perancis merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi.

“Indonesia-Perancis juga akan meningkatkan kerjasama kemitraan dalam dua bidang yang baru, yaitu kerjasama di bidang maritim dan ekonomi kreatif,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat mengawali pertemuan antara delegasi Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan delegasi Pemerintah Perancis yang langsung dipimpin oleh Presiden Francois Hollande, di Istana Merdeka, Jakarta, seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu (29/3) siang.

Selain kemitraan bilateral, lanjut Presiden, pemerintah kedua negara juga menjadi mitra yang baik dalam berbagai isu di dunia, antara lain perdamaian di Palestina dan kerja sama melawan terorisme.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyampaikan harapan agar kemitraan Indonesia-Perancis dapat dilanjutkan di masa yang akan datang.

Lima Kerjasama
Usai pertemuan bilateral delegasi kedua negara, dilakukan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman antara Indonesia-Perancis. Pertama, penandatanganan perjanjian pernyataan kehendak tentang peningkatan kerjasama pertahanan antara Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu dengan Menteri Pertahanan Perancis, Jean-Yves Le Drian.

Kedua, perjanjian kerjasama di bidang pembangunan perkotaan berkelanjutan antara  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono, dengan Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Perancis, Christophe Sirugue.

Ketiga, persetujuan kerjasama riset ilmiah teknologi dan inovasi antara Menteri Ristek Dikti Indonesia, Muhammad Nasir dengan Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Perancis, Christophe Sirugue.

Keempat, perjanjian pengaturan kemitraan Perancis - Indonesia Nusantara antara  Menteri Ristek Dikti Indonesia, Muhammad Nasir  dengan  Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Perancis, Christophe Sirugue.

Terakhir, memorandum saling pengertian tentang kerjasama bidang pariwisata, antara Menteri Pariwisata, Arif Yahya dengan Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Perancis, Christophe Sirugue.

Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Jokowi dan Presiden Perancis, Francois Hollande.

portal berita medan
informatif
& terpercaya