Medan | rakyatmedan.com
Sebanyak 1.906 guru Maghrib mengaji di Kota Medan dapat kabar baik, karena akan terima bantuan dana berupa honor dari Pemko Medan.

"Ada penambahan guru Maghrib mengaji dari tahun 2016 lalu sebanyak 806 dari alokasi sebelumnya 1.100 orang, sehingga guru Maghrib mengaji untuk tahun 2017 menjadi 1.906 orang, saat ini sudah 95 persen data yang terverifikasi di Seksi Bimas Islam," kata Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Medan, Abdul Haris Harahap, Kamis (30/3) di ruang kerjanya.

Para guru berhak mendapatkan bantuan dana berupa honor dari Pemko Medan berdasarkan Peraturan Walikota Medan Nomor 45 Tahun 2106 tentang pemberian dana jasa layanan masyarakat kepada warga pelayan masyarakat dengan kegiatan bantuan kepada guru Maghrib mengaji dan guru sekolah minggu, guru sekolah Buddha, Hindu dan Khonghucu.

Besaran honor yang akan diterima para guru berdasarkan informasi sebesar Rp500.000 per guru Maghrib mengaji, dan akan disalurkan langsung ke rekening guru yang bersangkutan dan diupayakan pencairannya per enam bulan atau semester.

Harahap menambahkan, penyaluran bantuan Pemko Medan langsung rekening masing-masing guru, sekaligus untuk menepis adanya anggapan pemotongan dari pihak Kemenag Medan terhadap guru Maghrib mengaji yang mendapatkan honor.

"Data guru kita dapatkan dari KUA Kecamatan se-Kota Medan, karena pendaftarannya melalui KUA masing-masing Kecamatan sesuai dengan domisili guru tersebut, pendaftaran bisa dari kepling atau tokoh agama, kita juga melibatkan penyuluh agama Islam PNS maupun Non PNS untuk melakukan survei, lalu kita lakukan verifikasi data administrasi," ujar Harahap yang baru dua bulan dilantik sebagai Kepala Seksi Bimas Islam.

Paling lambat pada hari Jumat tanggal 31 Maret 2017, berkas para guru Maghrib mengaji tersebut harus telah sampaikan ke Sekda Pemko Medan Bagian Sosial dan Pendidikan.

"Para guru Maghrib yang tersebar di berbagai kecamatan di Kota Medan merupakan guru, ustad mau ustajah yang mengajar membaca alquran di masjid, musallah maupun dirumah," ujarnya.

portal berita medan
informatif
& terpercaya