Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi saat menerima LHP dari Kepala BPK Perwakilan Sumut, VM Ambar Wahyuni.
Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi saat menerima LHP dari Kepala BPK Perwakilan Sumut, VM Ambar Wahyuni.


Medan | rakyatmedan.com
Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Utara, VM Ambar Wahyuni MM AK CA mengingatkan seluruh pengurus partai politik (parpol) yang mendapat bantuan keuangan untuk menyerahkan laporan pertanggungjawaban (LPj) penerimaan dan pengeluaran keuangan yang bersumber dari APBD 2016 secara tepat waktu, sesuai dengan ketentuan.

"Parpol wajib menyerahkan laporan Bantuan Keuangan Partai Politik (Banpol) Tahun 2016, sebelum 31 Januari setiap tahunnya," ujar Ambar Wahyuni.

Dia menyampaikan hal itu ketika menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Bantuan Keuangan Partai Politik (Banpol) Tahun 2016, kepada seluruh kepala daerah dan Pimpinan DPRD se-Sumut, di Kantor BPK RI Perwakilan Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (30/3).

Untuk Pemerintah Kota Medan, Laporan Hasil Pemeriksaan ini diserahkan kepada Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi dan Wakil Ketua DPRD Medan, Ikhwan Ritonga SE.

Ambar Wahyuni mengatakan, Parpol berkewajiban menyerahkan laporan hasil bantuan yang bersumber dari APBD 2016 ke BPK Perwakilan Sumut untuk diaudit dan selanjutnya diserahkan kembali kepada kepala daerah dan Pimpinan DPRD.

Tercatat dari 299 Parpol yang memperoleh dana bantuan dari APBD, ada 298 Parpol yang telah menyampaikan laporan pertanggungjawabannya. Sementara satu Parpol tidak menyerahkan laporan dikarenakan telah mengembalikan bantuan tersebut seluruhnya.

“Untuk tahun 2018, laporan ini hanya akan diterima sampai batas waktu 31 Januari, setelah lewat tanggal tersebut BPK tidak akan menerimanya lagi, dan Parpol yang tidak diaudit tidak dibenarkan menerima dana bantuan pada tahun berikutnya,” kata Ambar Wahyuni.

Penyerahan LHP Bantuan Keuangan Parpol ini, dirangkaikan pula dengan penyerahan laporan hasil pemantauan penyelesaian kerugian daerah Semester I tahun 2017 dan pemantauan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan per 13 Maret 2017. (rm-05)

portal berita medan
informatif & terpercaya