Kepala Bagian Tata Usaha Muhamamd David Saragih saat membuka acara Bimbingan Teknis Aplikasi RKAKL dan Standarisasi Biaya di Hotel Soechi Medan, Kamis (30/3).
Kepala Bagian Tata Usaha Muhamamd David Saragih saat membuka acara Bimbingan Teknis Aplikasi RKAKL dan Standarisasi Biaya di Hotel Soechi Medan, Kamis (30/3).


Medan | rakyatmedan.com
Kepala Bagian Tata Usaha Muhamamd David Saragih mengingatkan satuan kerja di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara untuk mengoptimalkan pemanfaatan anggaran untuk program yang berdampak langsung pada masyarakat, seperti pembiayaan pendidikan, bantuan penyediaan sarana ibadah, pelayanan keagamaan serta pemeliharaan kerukunan umat beragama.

"Penyusunan penganggaran secara teknis fokus pada kegiatan prioritas sesuai visi dan misi, nawacita Presiden RI dan tugas fungsi Kementerian Agama," ujar Muhamamd David Saragih saat membuka acara Bimbingan Teknis Aplikasi RKAKL dan Standarisasi Biaya di Hotel Soechi Medan, Kamis (30/3).

David juga menyampaikan, Kementerian Agama kabupaten/kota sebagai penyedia data harus menyiapkan data yang valid, sehingga ketika melakukan penyusunan anggaran selanjutnya Tim Perencana Kanwil dapat memasukkan anggaran tersebut dengan tepat guna dan tepat sasaran Money Follow Program yang memiliki nilai tambah bagi masyarakat.

"Laksanakan optimalisasi pelaksanaan anggaran antara lain dnegan efisiensi belanja perjalanan dinas, pembiayaan kegiatan sosialisasi, orientasi, workshop, rapat di luar kantor dan rapat di luar wilayah kerja tanpa mengurangi target kinerja," ungkapnya.

Kabag TU juga mengingatkan Kemenag Kabupaten/Kota terus melakukan koordinasi dalam penyusunan anggaran dengan Tim Perencana Kanwil Kemenag Sumut agar tahun berikutnya lebih baik daripada tahun ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Nasrul melaporkan, kegiatan ini diikuti 100 orang peserta terdiri dari Kasubbag TU dan Operator RKAKL Kemenag kabupaten/kota se Sumatera Utara.

Turut hadir pada acara tersebut Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Muhammad Yunus dan Kasubbag Ortala dan Kepegawaian Mashudi.

portal berita medan
informatif & terpercaya