Kapolda Sumut Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi memberikan materi dalam Rakernis Fungsi Humas Polres Sejajaran Polda Sumut di Aula Catur Prasetya Markas Polda Sumut, Kamis (30/3).
Kapolda Sumut Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi memberikan materi dalam Rakernis Fungsi Humas Polres Sejajaran Polda Sumut di Aula Catur Prasetya Markas Polda Sumut, Kamis (30/3).

Medan | rakyatmedan.com
Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) harus dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui peran fungsi Humas Polri. Itu dapat dicapai dengan menampilkan postur Polri yang profesional dan modern sehingga terpercaya oleh masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Sumut Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi saat membuka Rakernis Fungsi Humas Polres Sejajaran Polda Sumut di Aula Catur Prasetya Markas Polda Sumut, Kamis (30/3).

Rapat kerja teknis Humas tersebut mengambil tema “Penguatan Manajemen Media Dalam Rangka Meningkatkan Reputasi Polri Guna Mewujudkan Polri yang Promoter”.

Jenderal bintang dua tersebut menuturkan, fungsi Humas bukan lagi fungsi pendukung tetapi sudah merupakan fungsi utama yang strategis dalam Polri.

“Humas Polri berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat dan menyentuh langsung masyarakat, baik dari segi pemberitaan media online maupun media sosial," ujar Rycko.

Rycko menuturkan, fungsi Humas dapat berperan meningkatkan hubungan yang baik antara Polri dan masyarakat.

“Dalam negara demokrasi, rakyat yang memegang peranan penting. Untuk itu Polri membutuhkan kepercayaan rakyat,” pesan Rycko.

Untuk itu, sebut Rycko, fungsi Humas salah satu tugas utamanya adalah meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Rycko bilang, Polda Sumut juga akan membentuk cybertroops untuk memonitor isu-isu yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat di media sosial.

Dengan begitu, diharapkan Polri dapat mengetahui, menganalisa dan mengantisipasi berita-berita khususnya berita hoax yang sering beredar di masyarakat.

Kegiatan pembukaan rakernis tersebut kemudian dilanjutkan dengan kegiatan foto bersama. Selanjutnya pemberi materi Ribut Pribadi dari Kantor Berita Antara memberikan materi terkait jurnalistik pembuatan berita. (rm-04)

portal berita medan
informatif
& terpercaya