Ribuan warga Kota Medan mengikuti kegiatan Car Free Day (CFD) dan Senam Jantung Sehat yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (2/3).
Ribuan warga Kota Medan mengikuti kegiatan Car Free Day (CFD) dan Senam Jantung Sehat yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (2/3).


Medan | rakyatmedan.com
Sekitar 30 pengakap (Organisasi Kepanduan/Pramuka) Negeri Selangor Malaysia ramaikan kegiatan Car Free Day (CFD) dan Senam Jantung Sehat yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (2/3).

Diharapkan kegiatan yang rutin digelar Pemerintah Kota Medan, dapat mengurangi tingkat polusi udara yang disebabkan asap kendaraan bermotor dan juga mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan jantungnya.

Persekutuan Pengakap Malaysia Negeri Selangor ini merupakan Organisasi Kepanduan (Pramuka) dari Negeri Jiran. Selain Kota Medan, mereka yang datang berkunjung sejak Jumat (30/3) juga mendatangi Prapat dan Brastagi untuk bertukar pengalaman.

Rombongan Persekutuan Pengakap Malaysia Negeri Selangor yang dipimpin Tuan Haji Ishak bin Mohammad Jonid ini berada di Sumut selama tiga hari.

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi dan Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani yang juga merupakan Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumut hadir pukul 07.00 WIB langsung mengikuti senam jantung sehat yang dipandu oleh instruktrur. Jumlah peserta yang mengikuti senam jantung sehat terus bertambah, baik dari kalangan dewasa dan orangtua.

Diakhir senam, cuaca berubah menjadi hujan para peserta kemudian berteduh dan melakukan pendinginan di pendopo Lapangan Merdeka. Usai senam, peserta melihat koleksi fotografi yang dipamerkan Pewarta Foto Indonesia Medan.

Selanjutnya, Walikota bersama Hj Rita Maharani didampingi sejumlah pimpinan SKPD, camat dan pengurus TP PKK Kota Medan melepas keberangkatan rombongan Persekutuan Pengakap Malaysia Negeri Selangor dari Merdeka Walk. Mewakili rombongan, Tuan Haji Ishak bin Mohammad Jonid pun mengucapkan terimakasih atas sambutan yang telah diberikan.

“Kita pun membuka diri jika pramuka Kota Medan mengunjungi Selangor,” kata Haji Ishak.

Sedangkan Walikota Medan selaku Ketua Majelis Pembina Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan didampingi Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, H M Husni SE MSi yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan, mengucapkan selamat jalan.

“Kota Medan selalu terbuka untuk kunjungan-kunjungan selanjutnya,” ujar walikota.

Usai melepas keberangkatan Persekutuan Pengakap Malaysia Negeri Selangor, Wwalikota pun minta kepada Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Medan, Marah Husin Lubis agar terus meningkatkan kualitas CFD dan senam jantung, sehingga jumlah warga yang mengikutinya terus bertambah setiap pekannya.

“Kedua kegiatan ini sangat penting, selain mengajak masyarakat mengurangi polusi udara yang diakibatkan asap kenderaan bermotor, juga untuk menjaga dan merawat kesehatan jantung. Disamping itu momen CFD dan senam jantung menjadi ajang silaturahmi dengan warga Kota Medan. Jadi selain berolahraga, kita terus menjalin dan mempererat kebersamaan,” ungkap Walikota. (rm-05)

portal berita medan
informatif
& terpercaya