Kepala MAN 2 Model Medan Dr H Burhanuddin MPd didampingi WKM Humas Dr Mohammad Al Farabi, MAg saat meninjau persiapan UNBK di madrasahnya, Senin (3/4).
Kepala MAN 2 Model Medan Dr H Burhanuddin MPd didampingi WKM Humas Dr Mohammad Al Farabi, MAg saat meninjau persiapan UNBK di madrasahnya, Senin (3/4).

Medan | rakyatmedan.com
Sekolah MAN 2 Model Medan menyatakan siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar pada 10 hingga 13 April mendatang.

"Untuk sekolah di negeri di Sumatera Utara, MAN 2 merupakan sekolah yang terbanyak dari aspek jumlah siswa yang akan mengikuti UNBK tahun 2017 ini," ujar Kepala MAN 2 Model Medan, Burhanuddin menggelar Konferensi Pers di Ruang Kepala MAN 2 Jalan Willem Iskandar No. 7 A Medan, Senin (3/4).

Burhanuddin menyampaikan, UNBK di MAN 2 Model Medan pada tahun ini diikuti 675 siswa dan per hari dibagi menjadi 3 gelombang ujian.

"Untuk itu, MAN 2 menyediakan 250 unit laptop yang dibagi menjadi 7 ruangan, dengan 7 server, 6 teknisi, 6 proktor, dan 1 proktor utama," ungkapnya.

Dia menambahkan, setiap ruang ujian akan diikuti 40 orang peserta ujian. Penyediaan 250 laptop ini terwujud berkat kerjasama dengan para orangtua siswa.

"Mudah-mudahan pada hari H ujian tidak terjadi kerusakan laptop dan gangguan jaringan yang berakibat pada tergendalanya ujian," ujarnya.

Burhanuddin menyebutkan, bahwa persiapan yang dilakukan MAN 2 menghadapi UNBK sudah matang, dan sampai saat ini belum ada hambatan yang terkait dengan penyelenggaraan UNBK. Kerjasama dengan orangtua cukup solid untuk melengkapi kekurangan jumlah laptop yang ada.

Burhanuddin berharap, agar tidak terjadi pemadaman listrik pada hari tersebut.

"Jika memang terjadi gangguan listrik pada saat ujian berlangsung, karena tidak dapat dihindari, maka MAN 2 telah menyediakan mesin genset," ungkap Burhanuddin.

Burhanuddin juga mengungkapkan beberapa program ke depan untuk kemajuan MAN 2 Model Medan. Di antara program utama untuk meningkatkan kemajuan MAN 2 tahun pembelajaran 2017/2018 adalah pemantapan Tahfizul Quran.

Kini kelulusan siswa MAN 2 ditentukan oleh madrasah sendiri, karena itu hasil UAMBN, UAS, dan UNBK ini hanya bersifat pemetaan kemampuan para siswa, bukan penentu kelulusan.

Karena itu, mulai tahun pembelajaran 2016/2017 ini, salah satu syarat kelulusan siswa adalah hafal Surah Yasin dan minimal ditambah satu surah pilihan yang sudah ditentukan madrasah, antara lain Surah Ar-Rahman, Al-Waqiah, As-Sajadah, dan Al-Mulk.

WKM Humas MAN 2 Mohammad Al Farabi menjelaskan, pelaksanaan program pendidikan di MAN 2 Model Medan bertumpu pada visi MAN 2 yang Islami, Integritas, Berprestasi, dan Cinta Lingkungan. Karena itu MAN 2 pada setiap pagi harinya melakukan pembinaan pendidikan bernilai Islami yang intens dan berkesinambungan.

"Untuk membina mental, akhlak, dan disiplin, pada setiap pagi dalam seminggu MAN 2 melakukan runtinitas kegiatan yang variatif, antara lain Upacara Penghormatan Bendera di Kelas, Membaca Yasin berjamaah di Kelas, Briefing pagi oleh Wali Kelas, Murajaah Tahfizul Quran, Membaca Yasin Berjamaah di lapangan, dan Tausiah/Motivasi Pagi yang digelar di halaman madrasah," ungkap Al Farabi.

portal berita medan
informatif & terpercaya