MTsN 3 Medan Galakkan Penghijauan
MTsN 3 Medan Galakkan Penghijauan


Medan | rakyatmedan.com
MTsN 3 Medan terus berbenah salah satunya dengan menggalakkan program penghijauan madrasah, hal ini dilakukan untuk mewujudkan lingkungan yang asri dan nyaman.

Penanaman beberapa tumbuhan hijau dilakukan di pelataran halaman MTsN 3 Medan yang dilakukan oleh guru serta mahasiswa PPL dari UIN Sumatera Utara, Selasa (4/4).

Wakil Kepala Sarana dan Prasarana Irham memaparkan, penanaman tumbuhan hijau di halaman madrasah merupakan bentuk dari kesadaran para warga madrasah akan pentingnya lingkungan hijau nan asri.

"Lingkungan yang hijau dewasa ini telah semakin menyempit bahkan tergerus dengan kemajuan pembangunan," paparnya.

Irham juga mengatakan kondisi hari ini yang sangat mengkhawatirkan beragam bentuk kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara, pencemaran air, dan menurunnya kualitas lingkungan akibat bencana alam, banjir, longsor, kebakaran hutan, krisis air bersih. Hal ini lama kelamaan akan dapat berdampak global pada lingkungan, khususnya bagi kesehatan masyarakat sendiri.

Untuk itu, sahut Irham, institusi seperti madrasah harus menjadi garda terdepan dalam menyelamatkan lingkungan dari penurunan kualitas lingkungan yang semakin mengkhawatirkan.

Ditempat terpisah, Kepala MTsN 3 Medan Hamidi Nasution mengungkapkan rasa antusiasnya karena para mahasiswa PPL UIN Sumatera Utara dapat terlibat dalam melestarikan lingkungan. Hamidi mengatakan lingkungan yang asri, nyaman dan sejuk akan memicu rasa nyaman dan betah peserta didik dalam menuntut ilmu.

Untuk itu, lanjut Hamidi, program penghijauan ini harus terus diprogramkan sehingga menjadi kebiasan yang baik dilingkungan madrasah, karena yang baik harus dibiasakan dan harus selalu membiasakan yang baik. Membentuk siswa yang cerdas, pintar dan berprestasi adalah penting, tapi jauh lebih penting dari itu semua adalah membangun kepekaan terhadap lingkungan madrasah.

portal berita medan
informatif
& terpercaya