Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin S MSi menerima kunjungan rombongan TP PKK Kota Tanjungbalai di Balai Kota Medan, Jumat (7/4).
Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin S MSi menerima kunjungan rombongan TP PKK Kota Tanjungbalai di Balai Kota Medan, Jumat (7/4).


Medan | rakyatmedan.com
Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin S MSi menerima kunjungan rombongan TP PKK Kota Tanjungbalai di Balai Kota Medan, Jumat (7/4). Selain bersilaturahmi, kunjungan ini dilakukan untuk minta masukan sekaligus belajar dalam rangka memajukan UMKM, terutama pengrajin batik.

Apalagi berkat kerja keras dan hasil kreasi Hj Rita Maharani, pengrajin batik di Kota Medan dapat menghasilkan batik yang sangat indah dan bagus yang dikenal dengan Batik Medan. Selain itu saat ini Batik Medan kini telah dikenal masyarakat secara luas baik nasional maupun internasional.

Ketua TP PKK Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin sangat menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan Ketua TP PKK Kota Tanjungbalai Ny. Sri Silvisa Novita Muhammad ke Kota Medan, apalagi beliau yang sudah dianggap adik sendiri ini berkeinginan untuk mempelajari Batik Medan salah satunya cara mengembangkan dan mempromosikannya.

"Selamat datang ke Kota Medan, kami saat ini banyak membina produk UMKM, salah satunya yang kami fokuskan adalah pengembangan pengrajin dengan hasil kain Batik Medan dan Songket Deli. Hal ini kami lakukan agar medan memiliki batik sendiri, apalagi Medan mempunyai potensi besar," kata Rita.

Diyakini Hj Rita yang didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Medan Ny. Nurul Khairani Akhyar, Asisten Pemerintah dan Sosial Drs. Musadad, Kadis Perindustrian Armansyah Lubis SH, jika Kota Tanjungbalai juga memiliki Potensi dalam hal mengembangkan kerajinan Batik, sebab Ibu Walikota Termuda se-Indonesia ini memiliki bakat karena beliau merupakan lulusan universitas di Singapura di bidang desainer, tentu ini akan lebih mempermudah untuk mewujudkan motif batik khas Tanjungbalai.

"Dalam membina para pelaku UMKM, kami memilih cara dengan merangkul mereka. Artinya awal adanya Batik Medan, kami melakukan kunjungan ke pengrajin Batik, selain melihatnya kami juga mengajak mereka untuk memproduksi Batik Medan. Sedangkan untuk mengembangkan dan mempromosikannya, selain berkoordinasi dengan SKPD terkait, kami memulai dari bawah yakni dengan menggelar fashion show," ungkap Hj Rita.

Selain itu menurut, Hj. Rita yang juga Ketua Dekranasda Kota Medan ini, dirinya memberi masukan kepada Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, agar setiap Kepala SKPD, Camat menggunakan Batik Medan di acara-acara resmi Kota Medan.

Selain itu juga mensosialisasikan kepada masyarakat untuk selalu mencintai dan menggunakan produk hasil lokal sendiri.

"Batik Medan bukan hanya dapat dipakai untuk baju kerja, tetapi dapat dikenakan pada saat sehari - hari. Untuk lebih mempermudah masyarakat mendapatkan Batik Medan dan songket Deli, kami mendirikan Galeri yang dinamakan Maharani Galeri, selain Batik dan songket Deli di galeri tersebut juga dijual hasil produksi UMKM lainnya", kata Rita.

Ketua TP PKK Kota Tanjung Balai, Ny. Sri Silvisa Novita Muhammad Sahrial mengatakan kunjungan ini guna mempelajari bagaimana PKK Kota Medan membina dan mengembangkan UMKM khususnya pengrajin batik. Artinya saat ini Kota Medan terkenal dengan Batik Medan, tentunya ini yang akan dipelajari untuk mengembangkan Batik dengan khas asli dari Kota Tanjungbalai.

"Kami ingin belajar, bagaimana Batik Medan dapat terkenal, tidak hanya di Nasional juga Internasional. Apalagi saya seorang desainer, tentunya ini akan semakin mempermudah menciptakan desain batik, hanya saja kami belajar bagaimana mengembangkan , mempromosikan dan memasarkannya", katanya.

Menurut Silvisa yang hadir didampingi Wakil Ketua TP PKK Nurdiana Abdi Nusa, Asisten II Abdul Hayi dan Staf Ahli Zainul Arifin dengan kunjungan ini PKK Kota Tanjung Balai dapat menambah ilmu dan wawasan untuk membina dan mengembangkan serta mempromosikan UMKM. Artinya kami datang untuk belajar bukan untuk bersaing. Saat ini Batik Khas Tanjung Balai sudah didesain.

"Jika nanti terwujud Batik Tanjung Balai dengan motif Kerang dan Bunga Balai dan mulai dikenal, kami berencana akan berkolaborasi dengan Batik Medan melalui pagelaran fashion show agar membuat Batik Tanjung Balai semakin dikenal masyarakat", ungkapnya.

Selanjutnya, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin membawa Ketua TP PKK Kota Tanjungbalai dan rombongan dari kantor Walikota menuju Maharani Galeri yang terletak di Kantor TP PKK Kota Medan, Jalan Rotan. Ditempat tersebut Hj Rita memperkenalkan Batik Medan dan Songket Deli. (rm-05)

portal berita medan
informatif
& terpercaya