Gubernur memberikan pidato dan arahan dalam Acara Khataman Alquran di MAN 1 Medan, Sabtu (8/4).
Gubernur memberikan pidato dan arahan dalam Acara Khataman Alquran di MAN 1 Medan, Sabtu (8/4).

Medan | rakyatmedan.com
MAN 1 Medan melaksanaan kegiatan khataman Alquran sekaligus doa bersama sukses menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017 di halaman MAN 1 Medan, Sabtu (8/4).

Khataman Alquran berlangsung penuh khidmat, dihadiri langsung Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Kakanwil Kememenag Sumut Tohar Bayoangin, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Arsyad Lubis , Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumatera Utara Ibnu Sri Hutomo dan Seluruh dewan guru, siswa MAN 1 Medan turut hadir dalam acara tersebut.

Kepala Madrsah Ali Masran Daulay dan mengucapkan terimakasih kepada Gubernur, Kakanwil, Kepala Dinas dan Asisten Perekonomi dan Pembangunan Sumatera Utara atas kehadiran ke MAN 1 Medan dalam rangka Khataman Alquran dan sekaligus doa bersama mudah-mudahan siswa/i sukses menghadapi Ujian Nasional.

Tahun ini kami akan menamatkan pendidikan berjumlah 553 siswa, dan pada tahun ini juga MAN 1 memulai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Selanjutnya Gubsu dalam sambutannya mengatakan, sekarang ini SLTA berada dibawah pemerintah provinsi yang dulunya dibawah kabupaten/kota.

Tahun lalu ujian UNBK sudah dimulai ada 99 sekolah yang mengikuti, sedangkan tahun ini yang mengikuti ujian UNBK sebanyak 1.523 sekolah atau naik 1.500 persen dari tahun lalu.

"Oleh karena itu kita bersyukur atas bantuan Allah yang maha kuasa Alhamdulillah MAN 1 termasuk salah satu yang menyelenggarakan UNBK," ujarnya,

Kemudian Gubernur menyampaikan, kelebihan UNBK dibanding Ujian bebasis kertas (UNKP) kalau dulu soal yang dibagi harus dijaga pakai petugas menjaganya, kalau dulu setiap ada UN pasti ada isu soal ujian bocor, kunci jawaban beredar, walaupun jawaban itu belum tentu benar jawabannya.

Tetapi dengan UNBK tidak ada soal bocor, karena setiap siswa soal berbeda bahkan ujian sesinya berbeda jika tidak cukup komputernya, selesai ujian sesi 1 masuk sesi 2 dan tidak bisa mencontek, walaupun soalnya sama tapi urutannya berbeda dan kelebihan UNBK siswa akan lebih melek teknologi.

portal berita medan
informatif & terpercaya