Asisten Pemerintahan, Drs Musaddad MSi saat mencanangkan Kampung Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Medan Johor, di kantor lurah Titi Kuning, Senin (10/4).
Asisten Pemerintahan, Drs Musaddad MSi saat mencanangkan Kampung Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Medan Johor, di kantor lurah Titi Kuning, Senin (10/4).

Medan | rakyatmedan.com
Pencananagan Kampung Keluarga Berencana (KB) merupakan upaya untuk menjadikan Medan sebagai kota yang nyaman bagi keluarga dan rumah masa depan.

"Selain untuk menggalakkan revolusi mental berbasis keluarga untuk membangun karakter bangsa dan identitas lokal," ujar Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi diwakili Asisten Pemerintahan, Drs Musaddad MSi saat mencanangkan Kampung Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Medan Johor, di kantor lurah Titi Kuning, Senin (10/4).

Pencanangan itu ditandai dengan pemukulan gong pemberian bantuan kepada keluarga kurang mampu. Pencanangan Rumah KB ini turut dihadiri Plt Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Medan, Ir Hj Asrah FM Harahap MM, segenap pejabat SKPD, Camat Medan Johor, lurah, dan unsur Muspika.

Menurut walikota, Kampung KB ini merupakan gagasan Presiden RI yang dimaknai sebagai pembangunan nasional yang berawal dari desa, kelurahan, kampung atau juga pinggiran.

Kampung KB juga dirancangkan sebagai upaya untuk mendekatkan akses pelayanan kepada keluarga dalam mengaktualisasikan fungsi keluarga.

Selain itu, jelas walikota, program Kampung KB juga akan dijadikan sebagai upaya revitalisasi program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

“Karena itu saya mengimbau kepada seluruh jajaran Pemko Medan, kepala SKPD, camat dan lurah serta segenap mitra kerja pembangunan kota untuk ikut menyukseskan program Kampung KB ini,” imbaunya.

Selanjutnya Walikota mengajak semua pihak meningkatkan kinerja, memberikan pelayanan program KB yang lebih baik kepada masyarakat.

Dia menegaskan, program KB bukan hanya program pengendalian pertumbuhan penduduk, tetapi juga program pengaturan kelahiran dan pengasuhan anak secara sehat.

“Jadi perlu saya ingatkan, sasaran utama kita adalah mampu memastikan tidak terjadi lagi kasus kematian ibu melahirkan dan kematian anak ketika dilahirkan atau pada usia balita. Ini adalah misi kemanusiaan yang mulia, misi yang wajib kita jalankan dengan sebaik-baiknya,” paparnya.

Kemudian Walikota juga mengajak semua pihak untuk menjadikan Medan sebagai kota yang nyaman bagi keluarga dan rumah masa depan bagi segenap masyarakatnya. (rm-05)

portal berita medan
informatif & terpercaya