Calon jamaah haji (Calhaj) Indonesia saat menaiki pesawat
Calon jamaah haji (Calhaj) Indonesia saat menaiki pesawat.

Medan | rakyatmedan.com
Paspor Calon Jamaah Haji (CJH) 1438 H/2017 M Provinsi Sumatera Utara ditargetkan akan rampung pada awal bulan Juli tahun 2017.

"Pada awal bulan Mei nanti, seluruh Paspor CJH akan dikirim ke Kementerian Agama RI untuk diproses pemvisaannya," ujar Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah melalui Kasi Dokumentasi dan Pendaftaran Haji, Eri Nofa di ruang kerjanya, Rabu (12/4).

Dia juga mengimbau kepada CJH yang masuk kuota berangkat haji tahun ini agar melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di tempat Bank Penerima Setoran (BPS) awal membayar BPIH sebelum masa pelunasan berakhir untuk selanjutnya menyerahkan tanda setoran lunas BPIH ke Kemenag kabupaten/kota domisili.

"Kepada Kemenag kabupaten/kota agar segera mengirim tanda setoran lunas BPIH Calon Jemaah Haji beserta paspor ke Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara," ungkapnya.

Eri Nofa mengharapkan, dengan dipercepatnya proses pembuatan paspor CJH diharapkan tidak terjadi lagi masalah keterlambatan atau visa haji yang tidak keluar yang terjadi tahun lalu.

Kasi Dokumen dan Pendaftaran Haji menambahkan, sampai hari kedua pelunasan BPIH, CJH yang sudah melunasi berjumlah 1.765 orang.

portal berita medan
informatif & terpercaya