Suasana acara Pembinaan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Finalisasi dan Evaluasi Data EMIS Semester Genap Tahun 2017 di Hotel Darussalam Medan, Rabu (12/4).
Suasana acara Pembinaan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Finalisasi dan Evaluasi Data EMIS Semester Genap Tahun 2017 di Hotel Darussalam Medan, Rabu (12/4).


Medan | rakyatmedan.com
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Tohar Bayoangin mengatakan, guru harus mengenali emosi anak didik dan membantu mereka menyelesaikan masalah dengan menemukan solusi.

Hal itu disampaikannya saat membuka acara Pembinaan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Finalisasi dan Evaluasi Data EMIS Semester Genap Tahun 2017 di Hotel Darussalam Medan, Rabu (12/4).

Kakanwil Kemenagsu menyampaikan, Guru tidak hanya menyampaikan ilmu tetapi kadang menjadi orangtua yang memberikan nasihat-nasihat yang baik sehingga siswa merasakan kondisi yang menyenangkan di lingkungan sekolah.

"Guru juga harus mencerminkan sosok teladan yang positif pada siswa dan menanamkan nilai-nilai moral dan agama melalui sikap yang dicerminkan oleh para guru melalui pelajaran-pelajaran yang disampaikan," ungkapnya.

Dia juga mengingatkan agar guru jangan suka marah, karena menurut penelitian kalau kita marah maka snap otak akan terputus 100 ribu per hari.

"Guru juga harus bekerja dengan professional, jujur serta amanah, jangan suka iri dan dengki," ungkapnya.

Tohar juga mengatakan agar guru memiliki empat kompetensi yaitu Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional.

Pada acara tersebut Kakanwil Kemenagsu didampingi oleh Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Burhanuddin Damanik, Kasi Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Menengah Wan Khairunnisah dan Kasi Sistem Informasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Syafrida.

Peserta pada kegiatan ini berjumlah 90 orang terdiri dari 50 orang Guru Pendidikan Agama Islam dan 40 orang Operator Emis di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara.

portal berita medan
informatif & terpercaya