Anggota DPR-RI Hasrul Azwar menyampaikan motivasinya di depan Siswa/i MAN 2 Model Medan
Anggota DPR-RI Hasrul Azwar menyampaikan motivasinya di depan Siswa/i MAN 2 Model Medan


Medan | rakyatmedan.com
Anggota DPR RI Komisi III Hasrul Azwar mengimbau siswa/i MAN 2 Model Medan agar menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ada 4 pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Keempat pilar inilah yang harus kita taati, kita jadikan tuntunan dalam kehidupan, dan nilai-nilainya kita terapkan untuk menjaga keutuhan NKRI," ujar ujar Hasrul saat bertindak sebagai motivator di hadapan siswa-siswi MAN 2 Model Medan, Sabtu (15/4).

Hasrul mengatakan, Pancasila dan UUD 1945 relevan dengan ajaran Islam dan ajaran Islam akan terwujud bila nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hasrul juga mengungkapkan, mayoritas warga negara Indonesia menganut agama Islam, karena itu sudah menjadi tugas dan kewajiban kita menjaga Pancasila, UUD 1945, dan menghargai kebinnekaan. Hanya dengan cara inilah keutuhan NKRI dapat dipertahankan.

"Memelihara keutuhan NKRI bukanlah perkara yang mudah, namun bila kita menjaga 4 pilar itu, keutuhan NKRI dapat kita jaga. Kita tidak ingin nama bangsa Indonesia hilang dari peta dunia, sebagaimana yang terjadi pada Uni Sovyet, Yugoslavia, dan bangsa lainnya yang pernah hancur di dunia ini, tegas Hasrul.

Selanjutnya Hasrul juga berpesan kepada siswa/i MAN 2 Model Medan agar memelihara kerukunan antarumat beragama di Sumatera Utara. Sampai saat ini, Sumatera Utara tergolong aman dari konflik antar agama dan etnis, meskipun terdiri dari multiagama dan multietnis.

Dari semua provinsi di Indonesia, suku bangsa yang terbanyak itu terdapat di Sumut, namun konflik antarumat beragama jarang terjadi. Kondusifitas seperti ini perlu kita pertahankan, tambah Hasrul.

Kehadiran Hasrul selaku Anggota DPR-RI di madrasah percontohan tersebut dalam rangka memenuhi undangan MAN 2 Model Medan untuk mengisi kegiatan motivasi kepada siswa/i dan beliau disambut oleh Kepala MAN 2 Model Medan Burhanuddin, Kepala TU Samsul Bahri, WKM Humas Mohammad Al Farabi beserta para guru dan staf pegawai.

WKM Humas MAN 2 Mohammad Al Farabi menjelaskan, kegiatan motivasi pagi ini merupakan program MAN 2 Model Medan yang secara rutinitas dilakukan pada setiap hari Sabtu.

Kegiatan ini digelar dengan melibatkan sejumlah motivator-motivator teladan, antara lain dari pejabat pemerintah, praktisi pendidikan, psikolog, ustadz-ustadzah, pengusaha sukses, siswa/i berprestasi, dan figur-figur teladan lainnya yang dapat mendorong siswa untuk kreatif, inovatif, berprestasi, dan berkarakter mulia.

portal berita medan
informatif & terpercaya