Calon jamaah haji (Calhaj) Indonesia saat menaiki pesawat
Calon jamaah haji (Calhaj) Indonesia saat menaiki pesawat.

Medan | rakyatmedan.com
Pelaksanaan ibadah haji 2017 masih menyisakan waktu beberapa bulan ke depan. Provinsi Sumatera Utara dalam hal ini Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara pun membuka rekrutmen calon petugas yang akan menyertai jamaah haji  1438 H/ 2017 M. Rekrutmen secara resmi dibuka mulai besok, Selasa (18/4) hingga Jumat (21/4).

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Tohar Bayoangin melalui Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Muslim mengatakan, calon petugas haji akan melalui tahapan seleksi di antaranya seleksi administrasi meliputi pendidikan, kesehatan, pengalaman berhaji, pengalaman melayani jamaah, masa kerja, dan penilaian tes kompetensi berupa tes tertulis dan wawancara.

"Persyaratan umum untuk menjadi petugas kloter di antaranya, Warga Negara Indonesia, beragama Islam, surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh dokter pemerintah, memiliki kompetensi dan keahlian sesuai bidang tugas serta memiliki integritas dan komitemn terhadap tugas," ujarnya di ruang kerjanya, Senin (17/4).

Sedangkan persyaratam khusus di antaranya diutamakan yang sudah menunaikan ibadah haji, pendidikan minimal S-1 diutamakan bidang agama, memiliki kemampuan manajerial, koordinasi dan kepemimpinan serta mampu berbahasa Arab dan Inggris, ungkapnya.

Muslim mengatakan, peserta yang berhak mengikuti tes kompetensi tingkat kantor Kementerian Agama kabupaten/kota diumumkan tanggal 25 April 2017. Sedangkan tes kompetensi tingkat Kemenag kabupaten/kota dan koreksi serta rekapitulasi hasil tes panitia tingkat Kemenag kabupaten/kota dilaksanakan tanggal 28 April 2017.

Muslim melanjutkan, untuk peserta yang berhak mengikuti tes tingkat Kanwil Kemenagsu diumumkan tanggal 4 Mei 2017 dan tes kompetensi (tertulis dan waawancara) dilaksanakan tanggal 10 Mei 2017.

"Untuk pembekalan petugas yang menyertai jamaah haji dan petugas PPIH Arab Saudi direncanakan akan dilaksanakan pada Bulan Juni 2017," tambahnya. (rm-02)

portal berita medan
informatif & terpercaya