Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin mencanangkan program nasional gerakan penanaman cabai di Kota Medan, Selasa (18/4)
Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin mencanangkan program nasional gerakan penanaman cabai di Kota Medan, Selasa (18/4)

Medan | rakyatmedan.com
Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin mencanangkan program nasional gerakan penanaman cabai di Kota Medan, Selasa (18/4).

Pencanangan yang merupakan hasil kerjasama TP PKK Kota Medan dengan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan serta Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan ini, dilakukan di halaman Gedung Serba Guna PKK Kota Medan Jalan Rotan Proyek Petisah Medan.

Selain melakukan penanaman cabai secara simbolis, pencanangan juga ditandai dengan pemberian bibit cabai kepada pengurus TP PKK Kecamatan se-Kota Medan.

Usai melakukan pencanangan, Hj Rita didampingi Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan Muslim S.Sos MSP minta kepada seluruh pengurus dan anggota TP PKK Kecamatan agar melaksanakan gerakan penanaman cabai ini di wilayah kerjanya masing-masing.

"Saya minta cabai yang ditanam minimal 10 batang di setiap pekarangan rumah masing-masing. Selain rumah, cabai juga dapat ditanam di halaman kantor, sekolah maupun gedung-gedung yang berada di wilayah kerja TP PKK Kecamatan masing-masing," kata Hj Rita.

Untuk memberhasilkan tanaman cabai ini, ibu tiga anak yang juga menjabat sebagai Ketua Dekranasda dan Bunda PAUD Kota Medan itu berpesan agar masing-masing kecamatan maupun kelurahan dapat bekerjasama dengan para penyuluh pertanian lapangan (PPL) guna melaksanakan pemantauan sekaligus perawatan tanaman cabai dimaksud.

Dengan penanaman cabai yang dilakukan ini, Hj Rita berharap dapat membantu kaum ibu-ibu untuk mendapatkan cabai dengan mudah. Sebab, harga cabai diketahui sering mengalami fluktuasi dan tak jarang sampai melejit sehingga sangat memberatkan ibu.

"Jika ini berhasil, kaum ibu tak akan kesulitan lagi untuk mendapatkan cabai," ungkapnya. (rm-05)

portal berita medan
informatif & terpercaya