Presiden Jokowi menyambut Wapres Amerika Serikat, Michael Richard Pence, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/4). (Foto: Humas/Agung)
Presiden Jokowi menyambut Wapres Amerika Serikat, Michael Richard Pence, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/4). (Foto: Humas/Agung)

Jakarta | rakyatmedan.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menerima kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Richard Pence yang datang beserta istrinya Karen Pence, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/4).

Presiden menilai, kunjungan Wakil Presiden Michael Pence ini merupakan pertemuan dirinya dengan administrasi baru Amerika Serikat. Namun Presiden menegaskan, komunikasi melalui telepon telah dilakukannya dengan Presiden Donald Trump, sejak Januari yang lalu.

Setelah melakukan sesi foto bersama yang dilanjutkan dengan berbincang di beranda Istana (Veranda Talk), Presiden Jokowi dan Wakil Presiden AS Michael Pence melakukan pernyataan pers bersama.

Menurut Presiden Jokowi, dirinya dan Wakil Presiden AS telah membahas sejumlah isu, baik bilateral maupun internasional. Yang pertama, komitmen Amerika untuk meningkatkan strategic partnership dengan Indonesia akan fokus kepada bidang-bidang kerjasama dan investasi.

“Bulan depan akan ada tim yang membahas mengenai pengaturan perdagangan dan investasi bilateral berdasarkan prinsip-prinsip win-win solution,” kata Presiden.

Yang kedua, lanjut Presiden, sebagai negara muslim terbesar di dunia dan sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, Indonesia sepakat untuk menguatkan kerjasama di bidang perdamaian.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menitipkan salam dirinya kepada Presiden Donald Trump melalui Wakil Presiden Pence.

Wapres AS Mike Pence didampingi istrinya Karen Pence dan dua putrinya tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (19/4) pukul 23.30 WIB, dengan menggunakan pesawat kepresidenan United States Of America bernomor 80002. Pence disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Selain bertemu Presiden Jokowi, Pence dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, mengunjungi Masjid Istiqlal dan melakukan dialog dengan pemuka lintas agama. Dari Masjid Istiqlal, Mike Pence akan melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal ASEAN dalam rangkaian peringatan 40 tahun hubungan AS-ASEAN.

Sementara pada Jumat (21/4) besok, Wakil Presiden AS itu bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan menyaksikan penandatanganan MoU tersebut setelah membuka dan memberikan sambutan dalam Pertemuan Bisnis AS-Indonesia di Hotel Shangrila, Jakarta. (rm/setkab)

portal berita medan
informatif & terpercaya