Tersangka A br Ginting.
Tersangka A br Ginting.


Deliserdang | rakyatmedan.com
Menggunakan surat tanah palsu untuk meminjam uang, pelaku penipuan berinisial A br Ginting (29), seorang bidan warga Dusun I Cinta Damai Desa Lantasan Baru Kecamatan Patumbak Kabupaten Deliserdang Sumut ditangkap.

Pelaku ditangkap Rabu, (19/4) sesuai Sprinkap nomor: sprin kap/07/IV/2017, Polsek Biru Biru. Sehubungan dengan Laporan Pengaduan Erlina Br Ginting (38) warga Dusun III Sukaramai Desa Candi Rejo.

“Tahun 2016 lalu pelaku sudah sebanyak delapan kali meminjam uang kepada korbannya jika ditotal sebanyak Rp138.000.000. Untuk menyakinkan Korbannya, pelaku mengagunkan jaminan surat keterangan tanah tempat pelaku tinggalnya,” terang Kapolsek Biru Biru Polres Deliserdang, Muchdi Hasibuan.

Ditambahkan Kapolsek, pelaku menggunakan jaminan surat tanah yang diterbitkan oleh Camat Kecamatan Patumbak Kabupaten Deliserdang, dibulan Agustus 2016 dibuat perjanjian pada tanggal 25 Pebruari 2017 akan dilunasi pelaku.

“Setelah sampai pada bulannya korban akan menagih tetapi pelaku tidak melunasinya, kemudian setelah di cek ternyata jaminan pelaku surat tanah diketahui palsu, sehingga korbannya merasa tertipu dan dilaporkannya ke Polsek,” ujar Muchdi.

Dari kejadian itu pelaku sudah ditangkap dan diamankan di Mapolsek Biru Biru, diketahui juga pelaku ternyata sempat menggunakan surat tanah palsu itu untuk meminjam uang di beberapa bank di antaranya Bank BPTN dan Bank Sumut Mariendal.

portal berita medan
informatif & terpercaya