Kasubbag Tata Usaha Negara Pohan, dalam kegiatan dialog lintas agama dengan berbagai kalangan masyarakat dan profesi di Kecamatan Medan Timur, Medan Barat dan Medan Perjuangan, yang di gelar di Aula Kantor Camat Medan Timur Jalan HM Said, Kamis (20/4).
Kasubbag Tata Usaha Negara Pohan, dalam kegiatan dialog lintas agama dengan berbagai kalangan masyarakat dan profesi di Kecamatan Medan Timur, Medan Barat dan Medan Perjuangan, yang di gelar di Aula Kantor Camat Medan Timur Jalan HM Said, Kamis (20/4).


Medan | rakyatmedan.com
Kerukunan itu ibarat tangan kanan dan tangan kiri, mereka terlahir bersama tetapi dapat hidup berdampingan, tidak ada saling iri dilahirkan berbeda, tangan kanan dan kiri akan saling membantu, dan keduanya punya tugas masing-masing

Hal ini disampaikan Kasubbag Tata Usaha Negara Pohan, saat membuka secara resmi kegiatan dialog lintas agama dengan berbagai kalangan masyarakat dan profesi di Kecamatan Medan Timur, Medan Barat dan Medan Perjuangan, yang di gelar di Aula Kantor Camat Medan Timur Jalan HM Said, Kamis (20/4).

Menciptakan kerukunan, Pohan menuturkan, itu mudah jika ada keinginan bersama untuk hidup harmonis dan damai. Minoritas harus menghormati mayoritas dan mayoritas harus menyayangi yang minoritas.

Acara yang dihadiri para Kepala KUA Kecamatan (Timur,Barat,Perjuangan), para Lurah se-Medan Timur, dan para tokoh lintas agama (Islam,Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Khonghucu) menghadirkan DR Torang Rambe sebagai pemandu jalannya dialog.

"Kita berharap dengan dialog ini kerukunan yang sudah berjalan baik dapat kita jaga bersama-sama. Dengan dialog yang baik akan diperoleh saling pengertian terkait dengan perbedaan antar umat beragama," ujarnya.

Kuncinya adalah jangan lompat pagar, contoh kalo dibirokrasi Kemenag bekerjaLAH sesuai dengan Tusi (Tugas dan Fungsi). Urus agama dan keyakinan masing-masing, jangan urus agama dan keyakinan orang lain, jika itu dilakukan maka penistaan yang sering terjadi saat ini, tidak akan terjadi, tambah Kasubbag TU.

Sebelumnya, Camat Medan Timur Parulian Pasaribu menyampaikan apresiasi atas inisitif Kementerian Agama Kota Medan melaksanakan dialog di tiap-tiap Kecamatan se-Kota Medan sekaligus ucapan terimakasih atas kehadiran para tokoh lintas agama yang turut andil mensukseskan acara dialog.

Pasaribu berharap, kegiatan dialog ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan keagamaan di tengah-tengah masyarakat yang majemuk di Kota Medan.

Kegiatan dialog yang dilaksanakan Kemenag Medan di Kecamatan Medan Timur, Barat dan Perjuangan merupakan lanjutan dari kegiatan yang akan dilaksanakan di seluruh kecamatan se-Kota Medan.

Diakhir pembukaan diserahkan plakat kerukunan yang diserahkan Kemenag Medan kepada para Camat dan yang mewakili.

portal berita medan
informatif & terpercaya