Juventus berhasil membuka keunggulan lebih dulu lewat tembakan keras Gonzalo Higuain usai menerima umpan tumit Dani Alves di tengah kotak penalti Monaco pada menit ke-29. (foto Reuters: Jean-Paul Pelissier)
Juventus berhasil membuka keunggulan lebih dulu lewat tembakan keras Gonzalo Higuain usai menerima umpan tumit Dani Alves di tengah kotak penalti Monaco pada menit ke-29. (foto Reuters: Jean-Paul Pelissier)

Monaco | rakyatmedan.com
Juventus seperti menjejakkan satu kakinya ke final Liga Champions 2017. Itu setelah mereka menumbangkan tuan rumah AS Monaco dengan skor 2-0 pada leg pertama semifinal di Stadion Louis II, Kamis (4/5) dini hari WIB.

Adalah Gonzalo Higuain yang menjadi pahlawan Juve dengan memborong dua gol kemenangan skuat arahan Massimiliano Allegri pada menit ke-29 dan 59.

Bukan hanya Higuain yang berperan, Daniel Alves juga berjasa besar dengan kemenangan Juve. Berkat dua assistnya, mantan striker Napoli itu sukses mencetak dua gol.

Terjadi perubahan kontras di awal-awal babak kedua, AS Monaco mulai mendominasi permainan atas Juventus. Skuat arahan Leonardo Jardim itu semakin intensif menggempur pertahanan Si Nyonya Tua dari kedua sisi sayapnya.

Peluang pun dimiliki Monaco pada menit ke-47. Tendangan Radamel Falcao menyambut umpan sodoran bola dari Bernardo Silva dengan mudah diamankan Gianluigi Buffon.

Juve tampaknya mulai membangun pertahanannya lebih kokoh dan mengandalkan serangan balik. Satu peluang yang mereka miliki juga berasal dari serangan balik melalui aksi Miralem Pjanic mengirim umpan kepada Claudio Marchisio.

Namun, tendangan keras Marchisio masih bisa ditepis kiper Monaco, Danijel Subasic. Aman pula gawang Monaco dari serangan balik cepat Si Nyonya Tua ke pertahanan mereka.

Memasuki menit ke-58, Juventus kembali mendapatkan kartu kuning. Marchisio diganjar kartu kuning lantaran menjegal Silva yang mencoba melewatinya.

Tak lama berselang, Juventus justru kembali menambah keunggulan pada menit ke-59, lagi-lagi berkat kerja sama cantik Paulo Dybala, Daniel Alves dan Gonzalo Higuain.

Alves bergerak ke sisi kiri pertahanan Monaco ssetelah menerima sodoran dari Dybala. Ia sukses melepaskan umpan silang yang melambung ke jantung pertahanan tim tuan rumah.

Di kotak penalti sudah ada Higuain yang berdiri bebas tanpa pengawalan berhasil menendang bola yang tak mampu ditepis Subasic. Skor 2-0 menambah penderitaan Monaco di kandang sendiri.

Permainan luar biasa Juventus tampaknya juga berkat ketajaman strategi Allegri dengan mengubah taktik lebih mengandalkan serangan balik di babak kedua.

Allegri tampaknya paham betul, Monaco harus bekerja keras menembus rapatnya pertahanan Juve sehingga bisa membuat mereka lengah menjaga pertahanan sendiri. Dengan demikian, Si Nyonya Tua bisa mengintai melalui serangan balik cepat.

Pelatih Monaco, Jardim, mencoba melakukan dua pergantian pemain secara berdekatan waktunya. Tiemoue Bakayoko keluar digantikan Joao Moutinho pada menit ke-66, demikian juga Thomas Lemar ditarik keluar digantikan Valere Germain, untuk menambah daya gedor ke pertahanan Juve.

Allegri baru melakukan pergantian pemainnya pada menit ke-77. Sang pencetak gol, Higuain, diistirahatkan sang juru taktik dan digantikan dengan Juan Cuadrado. Unggul 2-0 memang membuat Allegri nyaman fokus pada pertahanan timnya.

Memasuki menit ke-82, Allegri juga mengganti Claudio Marchisio dengan Tomas Rincon. Begitu pula kubu Monaco, melakukan pergantian dengan menarik keluar Bernardo Silva dan digantikan Almamy Toure.

Monaco tak mau menyerah dan terus membombardir barikade pertahanan Juve. Namun, Si Nyonya Tua tampaknya terlalu kokoh untuk bisa ditembus para penyerang Monaco.

Juventus kembali melakukan pergantian pemain. Gelandang cerdas Miralem Pjanic digantikan gelandang muda asal Gabon, Mario Lemina.

Memasuki ujung laga, Gianluigi Buffon dua kali melakukan penyelamatan gemilang. Pertama saat ia menepis sundulan Germain yang menyambut tendangan bebas dari Moutinho. Buffon juga sukses mengamankan tendangan umpan sepak pojok dari Moutinho.

Setelah tambahan waktu tiga menit, wasit Antonio Mateu menutup laga dan Juventus menang 2-0 atas Monaco di kandang tim lawannya itu. Tak pelak, Si Nyonya Tua bakal lebih mudah melakoni pertandingan leg kedua di kandang sendiri dengan modal kemenangan 2-0. (rm/cnn)

portal berita medan
informatif & terpercaya