Manchester United berhasil lolos ke final Liga Europa 2016-2017. (foto AFP: Miguel Riopa)
Manchester United berhasil lolos ke final Liga Europa 2016-2017. (foto AFP: Miguel Riopa)

Manchester | rakyatmedan.com
Manchester United melangkah ke final Europa League setelah bermain imbang melawan Celta Vigo di Stadion Old Trafford dengan skor 1-1, Jumat (12/5). United unggul agregat 2-1 karena menang 1-0 pada laga di kandang Celta pekan lalu.

Gol United tercipta pada menit ke-17 melalui sundulan Marouane Fellaini. Gol itu berawal dari permainan di sisi kanan pertahanan Celta Vigo, Rashford mengirimkan umpan lambung ke kotak penalti yang diselesaikan Fellaini dengan tandukan.

Pemain asal Belgia itu secara leluasa menyarangkan bola ke gawang karena lepas dari penjagaan gelandang bertahan Celta, Pablo Hernandez.

Pada 45 menit pertama di Old Trafford, Celta menguasai bola sebanyak 58 persen dengan delapan tembakan ke gawang. Sementara United melepaskan enam tembakan ke gawang Celta.

Di babak kedua, Celta terus mengurung pertahanan United. Serangan mereka berbuah gol pada menit ke-85 melalui sundulan bek Facundo Roncaglia.

Intensitas laga yang meningkat memunculkan keributan antarpemain. Pada menit ke-87, wasit mengeluarkan kartu merah untuk bek United Eric Bailly dan Roncaglia.

Keributan terjadi sesaat setelah wasit meniup peluit tanda pelanggaran terhadap gelandang United Ander Herrera. Para pemain Celta yang menganggap Herrera mengulur waktu lantas mengerubungi pemain asal Spanyol itu.

Tak terima dengan perlakuan tersebut, para pemain United terpancing untuk berkonfrontasi. Bailly terlihat mendorong wajah penyerang Celta John Guidetti, lalu dibalas dorongan oleh Roncaglia.

Celta nyaris mencuri kemenangan di detik-detik terakhir laga. Guidetti yang berdiri bebas di kotak penalti United tak mampu menceploskan bola ke gawang.

Secara statistik, Celta menguasai bola sebanyak 60 persen. Jumlah tembakan ke arah gawang yang dihasilkan United dan Celta, 11 berbanding 16.

Dengan kemenangan ini, United akan berhadapan dengan klub Belanda, Ajax Amsterdam di final. Ajax menang agregat 5-4 atas klub Perancis, Lyon.

Selain memastikan tiket ke final, United juga menjaga asa untuk mendapatkan jatah tampil di Liga Champions musim depan. (rm/cnn)

portal berita medan
informatif & terpercaya