Para pemain Ajax merayakan kepastian mereka tampil di final Liga Europa musim ini (Foto: AFP)
Para pemain Ajax merayakan kepastian mereka tampil di final Liga Europa musim ini (Foto: AFP)

Lyon | rakyatmedan.com
Klub sepakbola asal Belanda Ajax Amsterdam melenggang ke final Europa League meski kalah 3-1 dari klub Perancis Lyon di laga semifinal kedua, Jumat (12/5) dini hari. Ajax unggul agregat gol 5-4.

Gol Ajax pada laga ini diciptakan Kasper Dolberg. Pemain berusia 19 tahun asal Denmark itu memanfaatkan umpan terobosan dari sisi kanan pertahanan Lyon.

Dolberg berlari dengan bola tanpa pengawalan sebelum berhadapan dengan kiper Anthony Lopes dan menggetarkan gawang Lyon. Jelang turun minum, penyerang Lyon Alexandre Lacazette dua kali menggetarkan gawang Ajax pada menit ke-44 dan ke-45.

Laga babak pertama di Stadion Parc Olympique Lyonnais berlangsung terbuka. Squawka mencatat, perbandingan tembakan ke gawang antara Lyon dan Ajax adalah sepuluh berbanding delapan.

Lyon yang mengejar defisit gol terus mengurung pertahanan Ajax. Pada menit ke-82, Lyon menambah gol melalui gol bunuh diri bek Ajax, Nick Viergever.

Dua menit setelahnya, Ajax harus bermain dengan sepuluh pemain karena Viergever menerima kartu kuning kedua.

Namun hingga peluit akhir pertandingan, Lyon tak mampu menambah gol. Mereka harus mengakui keunggulan Ajax yang menang 4-1 pada pertandingan pertama pekan lalu.

Secara keseluruhan, Lyon menguasai 55 persen bola. Mereka melepaskan 24 tendangan ke arah gawang, lebih banyak dari Ajax yang hanya menciptakan 16 tembakan.

Di pertandingan final, Ajax akan berhadapan dengan Manchester United di Stadion Friends Arena yang berada Stockholm, Swedia pada 24 Mei mendatang. United melaju ke final setelah unggul agregat 2-1 atas Celta Vigo. (rm/cnn)

portal berita medan
informatif & terpercaya