Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh.

Jakarta | rakyatmedan.com
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jendral (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Dukcapil seluruh Indonesia di Gorontalo pada pekan depan.

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh mengatakan, ia mengundang seluruh jajaran kepala dinas dukcapil se-Indonesia untuk hadir di sana. Mereka juga diminta mengikutsertakan kepala bidang (Kabid) daftar kepedudukan (Dafduk) atau kepala seksi (Kasie)-nya.

“Agendanya sangat penting,” kata Zudan dalam pesan singkatnya, Minggu (14/5).

Adapun rakornas tersebut dalam rangka untuk merapihkan data kependudukan untuk Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Legislatif (Pileg) serta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Agenda lainnya antara lain mengenai target penyelesaian perekaman dan pencetakan KTP elektronik (KTP-el). Dimana, persentase nasionalnya saat ini berkisar di angka 97 persen.

“Selain itu, masalah cangkupan akta lahir 85 persen, tandatangan kontrak kinerja dan Kartu Keluarga (KK) model baru,” tambah dia.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, blanko KTP-el saat ini sedang dalam proses pencetakan oleh perusahaan pemenang tender. Sebanyak 7,8 juta keping blanko dicetak secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Masih ada sekitar 4,6 juta masyarakat yang sudah merekam, namun belum memiliki fisik KTP-el,” ujar di. Namun, proses pencetakan ini dilakukan bertahap, ia menargetkan Oktober 2017 semua kebutuhan blanko sudah bisa terpenuhi secara nasional. (rm/kemendagri)

portal berita medan
informatif & terpercaya