Mahasiswa UMSU saat menggelar aksi solidaritas di persimpangan Jalan Yos Sudarso dan Jalan Glugur By Pass Medan.
Mahasiswa UMSU saat menggelar aksi solidaritas di persimpangan Jalan Yos Sudarso dan Jalan Glugur By Pass Medan.

Medan | rakyatmeda.com
Belasan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), menggelar aksi solidaritas di persimpangan Jalan Yos Sudarso dan Jalan Glugur By Pass Medan.

Belasan mahasiswa tersebut menuntut agar ketiga rekannya yang ditangkap pasca demo memperingati Hardiknas di Kampus USU, segera dibebaskan dari dalam tahanan Polrestabes Medan.

”Ada empat point yang kita sampaikan dalam aksi damai kali ini, karena kebebasan dalam berpendapat adalah hak. Namun dalam hal ini, hak kita sebagai mahasiswa telah sangat dikangkangi,” kata Jack, koordinator aksi menggunakan alat pengeras suara, Selasa (16/5) siang.

Lebih lanjut Jeck menjelaskan, keempat poin yang dimaksud yaitu, meminta agar diwujudkannya demokrasi Kampus, berikan kebebasan berpendapat, berorganisasi dan berekspresi.

Selanjutnya bebaskan tiga aktivis mahasiswa yang ditahan di Polrestabes Medan. Serta mendesak Polrestabes Medan harus bertanggungjawab atas pemukulan mahasiswa saat aksi 2 Mei 2017 di kampus Universitas Sumatera Utara (USU).

Masih dikatakan Jack, akhir-akhir ini tindakan refresifitas terhadap gerakan mahasiswa semakin marak terjadi. Mahasiswa tidak lagi diberi kebebasan dalam beraspirasi didalam kampus dengan dalih akan mengganggu proses belajar mengajar.

Baru-baru ini juga terjadi saling pukul, antara aparat kepolisian dan mahasiswa saat melakukan aksi memperingati Hardiknas pada 2 Mei 2017 lalu di kampus USU. Dan ketika massa aksi dalam proses membubarkan diri terjadi provokasi berupa ancaman lisan, pelemparan batu terhadap massa aksi oleh pihak yang belum diketahui.

Sehingga dalam peristiwa itu telah terjadi penangkapan terhadap tujuh mahasiswa yang terdiri dari dua mahasiswa USU, satu peserta aksi, tiga reporter perss mahasiswa yang melakukan tugas jurnalistik, serta satu orang warga sekitar. Dan kini masih ada tiga mahasiswa yang masih ditahan di Mapolrestabes Medan.

Setelah menyampaikan aksinya sambil membawa spanduk para mahasiswa ini pun berjalan dengan tertib meninggalkan lokasi unjukrasa dan kembali ke kampusnya yang berada di Jalan Muktar Basri Medan, dengan pengawalan dan penjagaan ketat dari Personil Polsek Medan Barat. (rm-05)

portal berita medan
informatif
& terpercaya