Walikota Medan diwakili Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Damikrot, menghadiri Peringatan Hari Kartini dan Hari Kebangkitan Nasional di Gedung PKK Kota Medan, Jumat (19/5).
Walikota Medan diwakili Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Damikrot, menghadiri Peringatan Hari Kartini dan Hari Kebangkitan Nasional di Gedung PKK Kota Medan, Jumat (19/5).

Medan | rakyatmedan.com
Pemerintah Kota (Pemko) Medan menggelar perayaan memperingati Hari Kartini, di Gedung PKK Kota Medan, Jumat (19/5). Perayaan Hari Kartini ini sekaligus peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2017.

Dalam memeriahkan peringatan Hari Kartini, sebelumnya TP PKK Kota Medan telah menggelar Lomba Fashion Show untuk PAUD dan Lansia se-Kecamatan Kota Medan yang dibuka Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH.

Hadir dalam Peringatan ini Walikota Medan diwakili Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Damikrot, Kadis Ketahanan Pangan Muslim S.Sos, Plt Kadis Kominfo Dra Sri Maharani M.Pd, dan Wakil Ketua II TP PKK Kota Medan Asmalita Zulkarnaen, para Camat serta Pengurus TP PKK Kota Medan.

Walikota Medan dalam sambutan yang dibacakan Damikrot, mengatakan, melalui peringatan Hari Kartini, kita jadikan motivasi untuk melakukan gerakan - gerakan pembaharuan dalam mendukung program-program pembangunan kota Medan khususnya dalam mensejahterakan dan memberdayakan masyarakat Kota Medan.

"Berbicara tentang Emansipasi Wanita, tidak terlepas dari sosok nama RA Kartini yang memperjuangkan persamaan dan kesetaraan gender wanita pada masa kolonial Belanda. Artinya beliau banyak memberikan ide-ide serta aspirasi bagi kita semua, khususnya Kaum Wanita", kata Walikota.

Menurut Damikrot, seiring perkembangan zaman, saya melihat wanita semakin berkembang dan banyak berpartisipasi di berbagai bidang kehidupan, baik bidang sosial, Ekonomi maupun politik.

"Ibu-Ibu TP PKK Kota Medan merupakan Kartini masa kini, sebab peran mereka sangat besar dalam mensejahterakan dan memberdayakan masyarakat. Artinya ibu TP PKK harus tetap berjuang dan melakukan hal positif di tengah masyarakat," ungkapnya.

Selanjutnya, atasnama Pemko Medan, Damikrot mengucapkan selamat Hari Kartini bagi kaum wanita dan selamat memperingati hari kebangkitan nasional tahun 2017 tingkat Kota Medan. "Melalui peringatan kita memperjuangkan perjuangan para pahlawan serta menghayati dan mengimplementasikannya dalam kegiatan sehari-hari," ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Medan, diwakili Wakil Ketua II, Asmalita Zulkarnaen mengatakan kepeloporan RA Kartini wajib kita tiru dan kita teladani, karena wanita Indonesia telah memperoleh hak-haknya sebagai wanita dan memperoleh kebebasan, tetapi perjuangan cita-cita Kartini belum sepenuhnya berhasil, sebab masih banyak yang membutuhkan uluran tangan kita khususunya pembangunan melalui peran kaum perempuan.

"Kaum Perempuan perlu mencontoh semangat Kartini apalagi saat ini kaum perempuan dituntut keikutsertaannya dalam mensukseskan pembangunan nasional, namun bukan berarti mengurangi perannya dalam membina keluarga, justru kaum perempuan harus lebih arif dan bijaksana dalam menempatkan fungsinya sebagai ibu rumah tangga," kata Asmalita yang juga Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Medan.

Menurut Asmalita, melalui Peringatan Hari Kartini dan Hari Kebangkitan Nasional, mari kita bersama-sama memberikan semangat dan dorongan terhadap keluarga demi terciptanya kesejahteraan keluarga yang lebih baik melalui program-program TP PKK Kota Medan.

"Diharapkan kepada kaum perempuan khususnya di Kota Medan, semangat RA Kartini kita dapat menjadi perempuan yang berkarya dan berperan dalam membangun Medan Rumah Kita. Artinya kita harus terus bangkit untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kualitas keluarga serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan," ungkapnya.

Selanjutnya, Peringatan Hari Kartini dan Hari Kebangkitan Nasional diisi juga dengan pengumuman pemenang lomba Fashion Show untuk PAUD dan Lansia tingkat Kota Medan, untuk tingkat PAUD keluar sebagai juara Pertama Lomba Fashion Show dari Kecamatan Medan Tembung, juara kedua Kecamatan Medan Polonia dan juara ketiga diraih Kecamatan Medan Timur, sedangkan untuk tingkat Lansia, Juara Pertama diraih Kecamatan Medan Tuntungan, Juara Kedua Kecamatan Medan Sunggal dan Juara Ketiga diperoleh Kecamatan Medan Marelan. (rm-05)

portal berita medan
informatif
& terpercaya