Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi melepas peserta turing Gowes Pesona Nusantara 2017 di Jalan Pulau Pinang, Sabtu (20/5).
Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi melepas peserta turing Gowes Pesona Nusantara 2017 di Jalan Pulau Pinang, Sabtu (20/5).

Medan | rakyatmedan.com
Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi mengatakan, penerapan program Ayo Olahraga melalui Gowes Pesona Nusantara ini menjadi sebuah gerakan untuk membudayakan olahraga di Medan.

"Kita percaya Gowes Pesona Nusantara yang juga dilepas di Medan ini akan menjadi sebuah spirit baru dalam membudayakan olahraga di kota ini," ujar Eldin saat melepas peserta turing Gowes Pesona Nusantara 2017 di Jalan Pulau Pinang, Sabtu (20/5).

Selain itu, kegiatan ini juga dapat semakin merekatkan persatuan di negara kesatuan Indonesia. Hal ini dicerminkan dengan pengambilan tanah dan air di setiap Kabupaten/Kota yang dilintasi untuk kemudian disatukan di Magelang pada September mendatang.

""Karena manfaat yang besar inilah, Pemko Medan sangat mengapresiasi dan mendukung program Gowes Pesona Nusantara ini," ucapnya didampingi Kadispora Medan Mara Husin Lubis mengungkapkan, Pemko Medan sangat mendukung kegiatan Kementerian Pemuda dan Olahraga ini.

Ribuan warga Medan juga turut bersepeda mengiringi Tim Gowes Nasional yang akan melintasi 90 Kota/Kabupaten di Indonesia.

Pada kesempatan itu, walikota juga menyerahkan tanah dan air yang diambil di Istana Maimun kepada Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus, Dr Bayu Rahadian Sp.Kj.

Nantinya, tanah dan air itu disatukan dengan tanah dan air dari berbagai Kota/Kabupaten di Indonesia pada finish Gowes Pesona Nusantara di Magelang, 9 September 2017, bertepatan dengan Peringatan Hari Olahraga Nasional.

Gowes Pesona Nusantara ini mendapat perhatian penuh dari masyarakat Medan. Selain itu, sesuai dengan arahan Walikota Medan, seluruh instansi di Pemko Medan mendukung penuh kegiatan ini.

Tidak heran, ribuan masyarakat dengan berbagai macam bentuk sepeda sejak pukul 6.00 WIB telah tiba di Jalan Pulau Pinang untuk mengiringi perjalanan tim Gowes Pesona Nusantara di Medan.

Segenap pejabat Pemko Medan di antaranya Kadispora Mara Husin Lubis, Kepala Dinas Perhubungan Redward Parapat, Plt Kadis Kominfo Dra Sri Maharani MPd dan segenap camat maupun lurah se-Kota Medan juga tampak hadir dalam program Kementerian Pemuda dan Olahraga itu.

Saat memberi sambutan, Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus, dr Bayu Rahadian Sp.Kj. Bayu Radian mengungkapkan, Gowes Pesona Nusantara menjadi cara sederhana dan efektif untuk membangkitkan minat masyarakat dalam berolahraga.

Selain ingin menjadikan masyarakat memiliki gaya hidup sehat melalui olahraga, gerakan ayo olahraga juga ingin membuat masyarakat mencintai dan menjadikan olahraga sebagai kegiatan yang menyenangkan, ucapnya.

Rute gowes yang terdiri dari 90 etape dibuat melewati destinasi-destinasi wisata, seni, dan budaya unggulan di setiap kota serta menjadi pesona yang hanya bisa dinikmati jika menyusuri tempat-tempat wisata itu dengan ber-gowes.

Perhelatan ini juga diisi dengan berbagai hiburan dan doorprize berhadiah utama sepedamotor. Selain hiburan musik dan nyanyian, panitia juga menampilkan olahraga BMX Freestyle yang menegangkan dan juggling yang penuh pesona. (rm-05)

portal berita medan
informatif & terpercaya