Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi saat melantik Karang Taruna Sumut, Sabtu (20/5).
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi saat melantik Karang Taruna Sumut, Sabtu (20/5).

Medan | rakyatmedan.com
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi berharap Karang Taruna Sumut dapat terus meningkatkan potensi dan peran aktifnya untuk terus bekerjasama, berkoordinasi dan berkolaborasi serta berkomunikasi dengan Karang Taruna kabupaten/kota di Sumut.

Selain itu Karang Taruna Sumut juga dapat berkoordinasi yang konsurtif dengan pemerintah baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

"Makanya dalam pertemuan ini saya menitipkan kepada kepala daerah yang berhadir maupun tidak untuk dapat memperhatikan Karang Taruna ini di daerahnya masing-masing. Karang Taruna adalah mitra pemerintah sebagai yang dijelaskan dalam UU Desa No. 6 Tahun 2014 dan juga Permensos yang sudah beberapa kali direvisi," ujar Gubsu saat acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus Karang Taruna Sumut Periode 2016-2021 di Garuda Plaza Hotel, Sabtu (20/5).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Karang Taruna Nasional, Didik Mukrianto, Anggota DPD-RI Parlindungan Purba, Ketua TP PKK Provsu Evi Diana Erry Nuradi, Walikota Tanjungbalai M Syahrial, Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya, Ketua PWI Sumut Hermansjah, Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik, dan sejumlah pimpinan SKPD Provsu.

Dikatakan Gubsu, Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggungjawab sosial
dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya di desa dan kelurahan Karang Taruna.

Oleh karenanya, Karang Taruna harus bisa bersinerji dengan mitranya di pemerintahan khususnya dalam hal pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan. Apalagi menurut Gubsu banyak kader Karang Taruna yang cukup potensial di berbagai bidang seperti halnya bidang ekonomi, sosial dan bidang-bidang lainnya.

"Dengan pelantikan dan pengukuhan kepengurusan yang baru akan menambah energi baru, semangat baru, untuk sama-sama membangun bangsa dan negara ini, khususnya Provinsi Sumatera Utara," harap Gubsu yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Karang Taruna Sumut.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Sumut Sohlahudin Nasution mengaku bahwa waktu pelantikan dan pengukuhan pengurus  Karang Taruna Sumut bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Selain sebagai momentum awal dari program pemberdayaan pemuda desa dan kelurahan kepengurusan Karang Taruna Sumut yang baru, juga sebagai wujud kebangkitan pemuda Karang Taruna yang lebih sejahtera, mandiri, berdaya saing menuju Sumut yang lebih Paten lagi.

"Inilah harapan generasi muda bagaimana bisa menggali potensi-potensi yang ada desa maupun keluarahan. Kami membutuhkan peranserta dari segala unsur pemerintahan baik di tingkat desa kelurahan, kecamatan kabupaten kota maupun provinsi. Kami siap bekerjasama dengan siapapun untuk pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan. Karena kami adalah pelayan masyarakat dan pelayan pemuda di desa maupun kelurahan," pungkasnya. (rm-03)

portal berita medan
informatif & terpercaya